Bola News Hari Ini : Aksi Pasoepati Tuai Pujian dari Berbagai Pihak

Koreo simpatik tersebut mendapatkan pujian dari luar dan dalam negeri. Banyak foto dan video tersebar di internet terkait aksi koreo tersebut.

0
Bola news hari ini
[Image source youtube.com]

Bolahero.com – Setelah berhasil mengandaskan Harimau Malaysia atau sebutan dari Tim Nasional (Timnas) Malaysia dengan skor telah 3-0, ada satu hal yang menjadi tajuk perhatian dalam bola news hari ini, yaitu koreo yang dilakukan suporter Indonesia dalam laga tersebut.

Jika dikatakan koreo seperti pada umumnya, contohnya dengan menampilkan gerakan-gerakan tangan dan tubuh atau juga menggunakan kertas berwarna-warni yang dapat terlihat di tribun suporter nampak berkilauan, pada saat laga persahabatan antara Timnas Indonesia dan Malaysia beberapa waktu lalu, ada satu hal yang justru mendapatkan komentar positif dari Palestina.

Hal itu disebabkan koreo yang dibuat pada saat laga berlangsung adalah kemunculan bendera Palestina di bawah tribun skor. Bendera Palestina yang dimaksud bukan berupa bentangan kain raksasa, melainkan kekompakan para suporter Indonesia dengan menengadahkan tangan yang sedang membawa kertas sehingga tersusun dan terbentuk bendera Palestina dalam ukuran besar.

Sontak saja, pembuatan koreo bendera Palestina tersebut mendapatkan respon positif dari ulama Palestina bernama Hanna Ibrahim. Dia mengucapkan terima kasih kepada suporter Indonesia atas apresiasi mereka terhadap Palestina walaupun yang sedang bermain di Stadion Mahanan, Solo, pada saat itu bukanlah Timnas dari negaranya.

Bola news hari ini
[Image source twitter.com/FerlieGustiawan]
Tidak hanya Ibrahim saja yang berkomentar positif, salah satu ulama lain dari Palestina, El Ashri, juga mengungkapkan pendapat yang sama dan mendoakan agar semua mendapatkan rahmat dari Tuhan YME.

Usut punya usut, koreo yang menjadi perhatian bola news hari ini adalah dilakukan oleh suporter Persis Solo, yaitu Pasoepati. Selain mendapatkan respon positif dari ulama-ulama Palestina, kreativitas Paseopati juga diacungi jempol oleh banyak orang di Tanah Air.

Memang selama ini, banyak orang Indonesia yang menaruh simpati dan prihatin terhadap nasib Palestina yang terus menerus harus digusur serta terusir dari negaranya sendiri oleh Israel.

Banyak warga sipil yang terbunuh atas agresi yang dilakukan Israel sejak bertahun-tahun lalu. Bahkan, tidak jarang ada bantuan berbentuk apapun yang dikirimkan dari Indonesia ke Palestina hingga saat ini.

Tidak hanya Indonesia saja, ada banyak pula pendukung tim sepakbola dari luar negeri lainnya yang juga pernah melakukan hal serupa, seperti yang baru-baru ini terjadi saat diadakannya pertandingan antara Celtic melawan klub bola asal Israel, Hapoel Beer Sheva.

Dalam pertandingan tersebut ratusan suporter Celtic garis keras yang menamakan diri mereka Green Brigade mengibarkan banyak bendera Palestina di dalam stadion saat pertandingan berlangsung.

 

Tak pelak, aksi mereka tersebut mendapatkan sorotan dari UEFA sebagai badan yang menaungi Liga Champions. UEFA pun langsung mengambil tindakan tegas atas aksi suporter Celtic yang memang terkenal atraktif dan kontroversial tersebut, kabarnya Celtic mendapat hukuman denda sebesar GBP 16 ribu atau sekitar Rp 275 juta serta penjatuhan sanksi.

Tidak hanya itu saja, beberapa kelompok suporter dari berbagai macam klub di Inggris, seperti dari Chelsea sampai dengan lainnya, juga pernah mengunggah foto dukungannya terhadap Palestina dan mengecam tindakan agresif tentara Israel.

Mereka rata-rata membentangkan bendera Palestina di samping bendera klub kesayangannya itu dengan melontarkan ungkapan ketidaksukaan terhadap Israel yang telah banyak membuat susah warga sipil di Palestina.

Kembali ke aksi simpatik Pasoepati dalam laga persahabatan Indonesia vs Malaysia, walaupun tidak tersorot dan ditampilkan di layar televisi, namun banyak video serta foto bermunculan di internet sebagai bukti bahwa suporter Indonesia juga memiliki keprihatinan dan bersikap solider terhadap apa yang dialami rakyat Palestina.