bolahero.com – Melalui situs resmi FIFA, Rabu (24/2/2016), mengumumkan telah mengurangi masa hukuman tersangka kasus suap, Sepp Blatter dan Michel Platini, dari delapan tahun menjadi enam tahun. 

Kasus korupsi yang pernah dilakukan oleh Blatter dan Platini ini telah merugugikan hak siar dunia kepada Persatuan Sepak Bola Karibia (CFU) pada 2005. Keduanya dihukum delapan tahun dilarang beraktivitas dalam dunia sepak bola serta denda sebesar 50 ribu Swiss Franc (Blatter) dan 80 ribu Swiss Franc (Platini).

“Komite Banding FIFA, Larry Mussenden sebagai ketua, dalam rapat yang diputuskan oleh dewan komite etik pada 17 dan 18 Desember 2015, mengenai Joseph S Blatter dan Michel Platini, yang hukumannya akan dikurangi dari delapan tahun menjadi enam tahun, aktivitas Platini dan Blatter serta layanan yang diberikan mereka untuk FIFA dan UEFA dan sepak bola pada umumnya selama bertahun-tahun layak mendapat pengakuan sebagai faktor yang meringankan hukuman” demikian pernyataan FIFA.

Keringanan ini akam membuat Blatter dan Platini dapat kembali berkecimpung di dalam dunia sepak bola pada 2011, bersamaan dengan jadwal perhelatan piala dunia Qatar. Dikabarkan Blatter pernah terlibat kasus suap juga.