Biang Bola : Moyes Resmi Latih Sunderland
Moyes mengaku senang bisa melatih Sunderland

Bolahero.com – Kabar terpanas Biang Bola kali ini datang dari David Moyes yang telah resmi menjadi pelatih anyar Sunderland yang baru saja ditinggal pelatih mereka. Seperti diketahui belum lama ini FA telah menunjuk Sam Allardyce sebagai manajer Timnas Inggris yang baru menyusul pengunduran diri Roy Hodgson usai gagal mengantarkan The Three Liones meraih prestasi gemilang di ajang Piala Eropa 2016 lalu.

“Sunderland AFC mengumumkan penunjukan David Moyes sebagai manajer baru kami. Moyes, 53 tahun, telah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun di Stadium of Light,” bunyi pengumuman Sunderland di situs resmi mereka.

Moyes sendiri sebelumnya menjadi pelatih Real Sociedad pasca dipecat oleh Manchester United. Namun pada bulan November lalu dirinya juga diberhentikan oleh Real Sociedad dan praktis dirinya sempat menganggur sebelum akhirnya direkrut oleh Sunderland untuk menggantikan Allardyce. Biang Bola juga mencatat manajer asal Skotlandia ini pernah membesut Preston North End serta Everton.

“Saya merasa gembira karena telah bergabung dengan Sunderland. Saya merasa antusias menghadapi tantangan dan kesempatan ini. Saya menangani sebuah tim besar Britania Raya yang mempunyai dukungan hebat dari para penggemarnya dan saya pun menantikan untuk bekerja kembali di Premier League,” ucap Moyes.

Chairmand Sunderland, Ellis Short, dalam pernyataannya juga mengatakan bila Moyes merupakan pilihan utama timnya setelah Allardyce meninggalkan kursi pelatih The Black Cats yang menjalani musim ke-10 mereka secara beruntun di Premier League.

“Fakta bahwa David Moyes telah meneken kontrak empat tahun adalah cerminan dari keyakinanya mengenai apa yang bisa dia capai di sini. Target kami adalah menjadi klub sepakbola yang jauh lebih baik, lebih tangguh dan stabil, dan bersama dengan manajer sekaliber dan berpengalaman seperti David maka musim ini kami memiliki peluang yang fantastis untuk mulai menatap ke atas, alih-alih melihat ke bawah,” ungkap Short.

Di musim sebelumnya Sunderland lebih sering menghabiskan waktu dengan berkutat di papan bawah klasemen dan hal ini membuat Dick Advocaat dicopot jabatannya pada awal Oktober tahun lalu. Sam Allardyce kemudian datang menggantikan Advoccat dan hasilnya Sunderland finis di posisi 17. (Biang Bola)