Biang Bola : Setelah Rajai Spanyol dan Jerman, Guardiola Punya Misi Incar Inggris

Salah satu impian terbesar dari seorang pelatih adalah membawa klub yang ditanganinya meraih kesuksesan berlipat-lipat. Hal itu adalah seperti yang diinginkan oleh Josep ‘Pep’ Guardiola.

0
Biang Bola

Bolahero.com –  Setelah sukses membawa Barcelona (Spanyol) meraih berbagai gelar dalam beberapa musim, serta Bayern Munchen (Jerman) menjuarai banyak prestasi, kini impian Guardiola adalah ‘menjajah’ Inggris dengan menunggangi Manchester City.

Kualitas dan kapasitasnya sebagai seorang pelatih terkenal dan berskil tinggi sudah cukup dirasakan oleh Barcelona dan Bayern Munchen, bahkan ketika dia menjadi manajer dan pelatih di The Citizen, tim rival Manchester United ini hingga kini masih menjadi pemuncak klasemen di English Premier League.

Bahkan, mantan anak asuhnya di Bayern Munchen, Joshua Kimmich, tak segan memuji kehebatan Pep dalam menangani sebuah tim dan menjadikannya jawara di suatu liga. Dia mengatakan bahwa kemenangan atas Manchester City dan melumat Bournemouth serta mengalahkan Borussia Monchengladbach di pentas Liga Champions beberapa waktu lalu itu bukanlah kebetulan semata, melainkan hasil olah strategi yang diterapkan Pep secara sistematis, terukur dan matang.

Biang Bola
[Image Source images.latinpost.com]
“Saya melihat semua pertandingan yang dilakoni Pep bersama anak asuhnya di Manchester City. Mereka nampak digdaya ketika menhancurkan Manchester  United dan Borussia Monchengladbach. Cara City memuncaki klasemen sungguh menawan dan dominan. Saya kagum melihat dia (Pep) dapat meninggalkan kesan kuat di bekas timnya dan menularkannya ke tim baru yang sekarang dilatihnya. Jika boleh jujur, saya tidak begitu terkejut dengan sepak terjang Manchester City dalam memenangi banyak laga, karena saya hapal gaya permainan Pep,” ujar Kimmich.

Kimmich juga menambahkan bahwa banyak orang di Jerman, terutama klub-klub yang berlada di Bundesliga mengatakan bahwa Pep gagal dalam misinya membawa Bayern Munchen merain title jawara Liga Champions, akan tetapi menurutnya hal itu tidak dapat disejajarkan dengan keberhasilannya membawa timnya itu meraih gelar trofi Bundesliga tiga musim beruntun.

” Ia mampu merevolusi sepakbola di sini. Dan saya percaya dia akan memberikan pengaruh yang luar biasa di Inggris,” lanjutnya.

 

Selain Kimmich, manajer sekelas Arsene Wenger dari Arsenal pun tidak segan menyebutkan bahwa Manchester City adalah tim terbaik dan terkuat untuk EPL musim ini. Walaupun tidak secara langsung menyebutkan bahwa Pep adalah pelatih sekaligus manajer hebat, namun Wenger terkesan akan kuatnya City di tangan Guardiola dalam liga musim ini.

“Untuk saat ini, mereka adalah tim yang lebih baik dan juga yang paling konsisten,” tutur Wenger.

Sampai sekarang ini, The Citizen telah memenangi banyak laga secara beruntun, baik di Liga Premier Inggris maupun di Liga Champions. Walaupun begitu, Pep Guardiola tidak ingin sesumbar dengan melontarkan klaim dini dengan mengatakan bahwa City yang bakal menjadi jawara di EPL 2016/2017.

“Memang setelah memenangi 5 pertandingan secara beruntun d Premier League, saya merasa bahagia. Banyak orang yang memuji pencapaian kami ini. Akan tetapi bukan berarti, City tidak dapat dikalahkan. Kami juga tidak tahu apa yang akan terjadi nanti,” tutur Guardiola.

Apa yang dikatakan biang bola satu ini memang beralasan karena memenangi 5 pertandingan secara berturut-turut tidak dapat dijadikan acuan bahwa nantinya The Citizen bakal keluar sebagai pemenang English Premier League 2016/2017.

Masih ada banyak pertandingan yang siap dilakoni dan tentu saja berbagai hal yang tidak dapat diprediksi secara dini, salah satunya kekurangan pemain karena terkendala kartu, cedera atau dipanggil timnas negara masing-masing.