Biang Bola : Guardiola Akan Jalani Debut Di Liga Inggris Tanpa Kesulitan
Menurut Xavi sosok Guardiola merupakan pelatih yang sarat akan pengalaman

Bolahero.com – Biang Bola terkini menghadirkan berita sepakbola dari Pep Guardiola yang akan menjalani laga debut pertamanya di Liga Inggris. Pertandingan perdana Guardiola bersama Manchester City di liga ini akan berlangsung pada Sabtu, (13/06/16) malam WIB. Pada laga pembuka Liga Inggris ini Guardiola akan memimpin anak asuhnya menghadapi Sunderland di Etihad Stadium.

Kedatangan Guardiola di pentas Premier League ini memang mencuri perhatian banyak kalangan melihat sepak terjang pelatih asal Spanyol itu bersama Bayern Munchen dan Barcelona. Kesuksesan yang dipetik sang pelatih bersama dua klub yang dulu pernah dilatihnya inilah yang membuat Manchester City mendatangkan Guardiola untuk menggantikan Manuel Pellegrini seperti yang dirangkum oleh Biang Bola.

Namun tidak sedikit yang meyakini Guardiola tidak akan langsung mengantarkan kesuksesan untuk The Citizens lantaran Liga Inggris masih sangat baru baginya dan gaya bermain di Inggris jelas sekali berbeda jauh dengan Bundesliga maupun La Liga. Belum laga Premier League di musim ini juga mendatangkan persaingan yang sangat ketat di antara tim-tim papan atas yang banyak melakukan pembenahan seperti Manchester United yang menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih dan mendatangkan sejumlah pemain bintang.

Situasi ini juga mengundang komentar dari Xavi Hernandez yang pernah bekerja sama bersama Guardiola saat keduanya berada di Camp Nou. Dalam pernyataannya, Xavi menilai Guardiola merupakan pelatih yang kaya akan pengalaman sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Dia (Pep Guardiola) telah dewasa dan dia mempunyai pengalaman dari Bayern Munchen. Dia juga telah banyak berkembang, belajar, dan mendengarkan masukan, juga dapat melihat kesempatan. Tentu dia bisa menyusun taktik,” ujar Xavi kepada Soccerway.

“Apa yang dimiliki olehnya bukanlah filosofi yang baru. Pep pernah mengatakan bisa bermain dengan 11 gelandang, dan dia bakal melakukannya. Dia juga pernah mengatakan bila timnya harus bermain dengan 100% penguasaan bola, dan dia juga melakukan itu. Jadi mungkin saja dia berubah, dan mungkin dia juga dapat menjadi lebih radikal. Jika Anda mempercayai sesuatu, maka Anda mesti mengikutnya,” tutup Xavi. (Biang Bola)