Biang Bola Fakta Unik Sepak Bola Islandia
Biang Bola Fakta Unik Sepak Bola Islandia

Bolahero.com – Anda yang menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2016 pastilah sedikit terhenyak pada penampilan timnas Islandia. Islandia tampil cukup impresif mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Di babak kualifikasi pun, Islandia sukses menahan imbang Belanda, Turki, dan Republik Ceko. Tapi tahukah Anda Biang Bola bahwa ada fakta unik mengenai sepak bola Islandia.

Yuk sama-sama kita simak Biang Bola: Fakta Unik Sepak Bola Islandia berikut ini:

1. Salah Satu Manajer Islandia Seorang Dokter Gigi

Salah Satu Manajer Islandia Seorang Dokter Gigi
Heimir Hallgrimsson asisten pelatih Islandia seorang dokter gigi

Dunia sepakbola tak hanya dihuni oleh orang-orang yang merumput di lapangan hijau saja. Profesi lainnya pun bisa-bisa saja mengambil bagian di dalam sepak bola.

Contohnya salah satu manajer Islandia yang satu ini. Selain menjadi dokter gigi, Heimir Hallgrimsson juga menjadi asisten pelatih Timnas Islandia.

2. 10% Warga Islandia Pergi Ke Prancis Demi Mendukung Tim Mereka

10% Warga Islandia Pergi Ke Prancis Demi Mendukung Tim Mereka
Suporter Timnas Islandia

Dari jumlah populasi Islandia yakni sekitar 332.529 orang. 10 persen diantaranya berbondong-bondong ke Prancis untuk mendukung negaranya.

3. Berlatih di Dalam Ruangan

Berlatih di Dalam Ruangan
Pemain Islandia berlatih di dalam ruangan

Negara Islandia merupakan negara yang beriklim dingin. Suhu Islandia berkisar antara 10-13C (50F-55F). Waktu malam mereka pun lebih panjang daripada waktu siang, yaitu sekitar 10 jam.

Tak heran jika para pemain sepak bola disana berlatih di dalam ruangan. Ada 7 lapangan disana yang berada di dalam ruangan. Sedangkan banyak arena kecil juga sengaja dibuat di dalam ruangan.

4. Kiper Timnas Islandia Sebelumnya adalah Sutradara

Kiper Timnas Islandia Sebelumnya adalah Sutradara
Hannes Halldorsson sebelumnya adalah seorang sutradara

Tahukah Anda Biang Bola: Fakta Unik Sepak Bola Islandia lainnya adalah ternyata kiper timnas Islandia dulunya adalah seorang sutradara.

Hannes Halldorsson menjadi sutradara ajang Eurovision Song Contest 2012 sebelum akhirnya berprofesi sebagai kiper profesional saat ini.

5. Komentator Sepak Bola Islandia Mengundurkan Diri

Komentator Sepak Bola Islandia Mengundurkan Diri
Gudmundur Benediktsson komentator sepak bola Islandia

Hal unik lainnya datang dari komentator sepakbola Islandia. Gudmundur Benediktsson yang kegirangan karena Islandia menang dimenit-menit terakhir melawan Austria secara spontan berteriak dan menjerit.

Namun tak berapa lama, ternyata Benediktsson muncul lagi menjadi komentator. Kemungkinan semangatnya kembali setelah Islandia berhasil mengalahkan Inggris saat itu.