Biang Bola : Data dan Fakta Derby Manchester

Derby antara 2 klub besar dari Manchester selalu menyedot perhatian publik dengan segala data dan fakta di baliknya.

0
Biang bola
[Image Source manutd.com]

Bolahero.com – Suatu pertemuan yang tidak hanya memperebutkan siapa yang bakal menjadi jawara dalam suatu pertandingan antara 2 klub biang bola yang berlaga, akan tetapi mempertaruhkan gengsi disebut pula dengan nama derby.

Di banyak negara di dunia, ada berbagai macam derby yang dapat menyita perhatian banyak peminat dan pecinta bola, seperti contohnya di Spanyol ada El Clasico, Der Klassiker di Jerman, Derby De Italia atau Derby della Madonnina di Italia serta banyak lagi sebutan lainnya.

Di ranah Inggris sendiri, ada salah satu derby yang sangat ditunggu oleh peminat, pecinta dan pendukungnya, yaitu Derby Manchester yang akan mempertemukan antara Manchester City dan Manchester United.

Kedua tim dengan basis suporter besar ini bakal bertemu pada ajang English Premier League (EPL) 2016/2017 pada tanggal 10 September nanti. Lantas seperti apa sih data dan fakta seputar derby keduanya? Berikut ulasannya.

1. Pertemuan pertama antara West Gorton (St. Marks) yang kini telah berubah menjadi Manchester City dengan Newton Heath yang akhirnya mengubah namanya menjadi Manchester United terjadi pada tanggal 12 November 1881. Dalam pertandingan itu, Newton Heath berhasil memenangkan laganya dengan skor telak 3-0 tanpa balas.

2. Setelah berganti nama menjadi Menchester City, The Citizen, kembali takluk dari Newton Heath dengan skor 5-2 pada pertemuan pertama Football League (cikal bakal EPL) di musim 1894-1895.

 

Biang Bola
[Image Source indobolanews.com]

3. Setelah Perang Dunia II, banyak warga Manchester bergantian menonton dan mendukung laga baik Manchester City ataupun Manchester United. Dari situlah, akar masalah mulai muncul karena ada sekelompok orang yang lebih condong untuk membela City dan lainnya ke kubu United.

4. Di bulan Oktober 1956, Manchester City yang bertindak sebagai pemenang Liga Champions dan City sebagai jawara FA Cup bertemu kembali untuk memperebutkan Charity Shield. Karena Stadion Old Trafford belum selesai dibangin, maka pertandingan dilangsungkan di Maine Road.

5. 1970 adalah puncak memanasnya Derby Manchester. Kala itu ada serangkaian permainan menjurus kasar yang diperagakan baik biang bola dari United maupun City. Dari situpun berlanjut ke luar lapangan di mana para pendukung dari kedua tim juga mulai terlibat bentrok.

 

6. Pada tanggal 23 September 1989, United dan City kembali bertemu di Maine Road dan The Citizen kembali takluk dari Setan Merah dengan skor 5-1. Setelah itu, Manchester City tidak pernah sekalipun selama 13 tahun dapat memenangi pertandingan ketika bertemu United.

7. Peter Schmeichel adalah penjaga gawang yang pernah membela baik Manchester United dan Manchester City.

8. Derby pertama antara United dan City di awal dibentuknya Premier League adalah pada tahun 1992 dengan kemenangan Setan Merah (2-1).

9. Tanggal 9 November 2002 merupakan derby pertama yang berhasil dimenangkan oleh City ketika melawan United di Maine Road dengan skor 3-1.

Biang bola
[Image Source mirror.co.uk]
10. Sampai dengan Maret 2015, sudah ada 171 kali pertemuan antara keduanya dengan total kemenangan Manchester United sebanyak 71 kali dan Manchester City sebanyak 49. Pertandingan keduanya berakhir seri hanya sejumlah 51 kali saja.

11. Di Kota Manchester yang terletak di wilayah North West, Inggris, pendukung dari kedua kesebelasan mendiami wilayah yang sama, namun uniknya, hanya sebesar 28% dari total penduduk di wilayah itu yang mendukung Manchester United dan 49% menjadi suporter Manchester City. Selebihnya berasal dari luar North West.

12. Pendukung Manchester City mayoritas membenci para pemain dari United, sedangkan pendukung dari Setan Merah ini justru lebih random dan tergantung dari ketidaksukaan pribadi.

13. Manchester United adalah klub yang memiliki sekolah sepakbola sekaligus pencari bakat terbaik di Inggris, sedangkan Manchester City lebih banyak menggantungkan dari perolehan pemain yang sudah jadi dan matang kemudian mereka beli dengan harga mahal.