Biang Bola : Arsenal Benar-benar Butuh Belanja Striker Kelas Dunia!

Tidak dapat dipungkiri bahwa lini depan Arsenal hingga kini masih sangat mandul karena semua gol berasal dari lini tengah dan belakang.

0
Biang bola
[Image source soccer-desktop.com]

Bolahero.com – Hasil imbang ketika melawat ke kandang Paris Saint-Germain (PSG) pada tanggal 13 September 2016 lalu, dapat dikatakan keberuntungan yang didapatkan Arsenal. Hal ini dikarenakan para biang bola The Gunners seperti tidak berkutik ketika melawan tim raksasa dari Prancis tersebut.

Untung saja, dengan gol penyeimbang tersebut, membuat Arsenal masih dapat mencuri poin di Parc des Princes, Paris. Itupun dengan susah payah karena secara statistik, PSG lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, beberapa kali Edinson Cavani yang menjadi ujung tombak PSG terus-terusan memberi shock teraphy dan mengancam gawang The Gunners yang dikawal Ospina.

Bahkan, ketika Serge Aurier melakukan crossing, para biang bola belakang Arsenal justru tidak dapat berbuat apa-apa dan berakhir dengan terkoyaknya gawang yang dijaga Ospina. Cavani yang menyambut umpang lambung Serge berhasil menceploskan si kulit bundar hanya dalam waktu 45 detik setelah peluit kick off babak pertama dibunyikan.

Biang bola
[Image source si.com]
Tertinggal satu angka, alih-alih tampil menyerang untuk mengejar ketertinggalan, pasukan Arsene Wenger ini justru terkurung di lini pertahanan mereka dan beberapa kali Cavani kembali memberikan ancaman serius. Tidak diketahui kenapa Wenger lebih mempercayakan Ospina yang ada di bawah mistar karena Arsenal sendiri juga memiliki Petr Cech yang didapuk sebagai kiper utama tim Meriam London itu.

Biang bola yang menjadi sorotan di kubu Arsenal pada saat pertandingan tersebut adalah sosok Oliver Giroud. Dihrapkan menjadi mesin gol yang produktif, justru Giroud hingga sekarang ini belum memiliki koleksi gol sama sekali.

Sampai bergulirnya musim 2016/2017 ini, baik ketika melakoni laga di English Premiere Leage (EPL) ataupun di Liga Champions, hanya 5 biang bola dari tubuh The Gunners saja yang pernah mencetak gol dan dari kelimanya, tidak ada nama Giroud di dalamnya.

Kelima pemain tersebut antara lain Alex Oxlade Chamberlain, Mesut Ozil, Alexis Sanchez, Theo Walcott dan Laurent Koscielny. Semua biang bola tersebut sukses mengoleksi satu gol, hanya Santi yang berhasil mencetak 2 gol selama ini. Dan uniknya, ke-5 pencetak ol untuk Arsenal tersebut adalah gelandang murni, gelandang serang dan dari sektor bek. Tidak ada yang dari lini depan atau striker.

Dengan perolehan gol yang bukan berasal dari lini belakang atau striker ini, dapat dikatakan bahwa memang ujung tombak yang dimiliki Wenger masim melempem. Wenger sendiri sampai sekarang masih mengandalkan sosok Giroud di lini depan dan menurut banyak pengamat, tidaklah cukup untuk bertumpu pada satu orang saja di lini depan.

Beruntung saja, Arsenal memiliki pelapis yang cukup agresif, sehingga dapat membuat Arsenal mengumpulkan poin ketika lini depannya tumpul. Sosok seperti Ozil dan Alexis Snachez dipandang sebagai pelapis yang sangat bagus dan mampu mendobrak serta membuka peluang untuk mencetak gol.

Biang bola
[Image source provenquality.com]
Tentunya bukan hanya omongan tak berarti saja kenapa Arsenal dianggap perlu berbelanja pemain yang lebih berkualitas, khususnya di lini depan. bahkan, pada bulan Juli lalu, salah seorang mantan gelandang Arsenal Ray Parlour menganggap The Gunners sangat butuh sosok striker sekaliber Sergio Aguero atau Luis Suarez yang dapat membuat lini depan begitu runcing.

Sayangnya, apa yang menjadi pemikiran para penggemar atau pengamat bola terkait kemandulan lini depan ini tidak sejalan dengan apa yang ada dalam otak Wenger. Dia sampai sekarang masih enggan mendatangkan striker baru karena sangat percaya dengan kemampuan Olivier Giroud. Secara umum, bomber asal Prancis tersebut bukannya tidak berkualitas atau dikatakan buruk, akan tetapi dianggap belum mampu untuk membawa Arsenal bersaing memperebutkan gelar dengan tim-tim lain yang berlaga baik di EPL atau Liga Champions.