Biang Bola : 5 Fakta tentang Paul Si Gurita, Gelandang Lincah Manchester United

Perjalanan karier Paul Pogba hingga menjadi pemain bintang seperti saat ini patut disimak.

0
Biang Bola

Bolahero.com – Siapa yang tak kenal dengan si biang bola Paul Labile Pogba? Pemain yang dijuluki Il Polpo Paul (Paul Si Gurita) lantaran kakinya yang jenjang dan lincah ini merupakan gelandang dari tim Setan Merah. Oleh Manchester United, Pogba dianggap sebagai pemain yang powerful dan juga kreatif saat berada di lapangan.

Biang bola berusia 23 tahun ini memulai debutnya pertama kali di tim nasional senior Perancis pada tahun 2013. Dalam pertandingan pertamanya, Pogba bersama timnya berhasi mengalahkan Georgia dengan skor 3-0. Sebelum memulai debut, Pogba telah merasakan suka duka bermain bersama tim nasional U-16 Perancis dan juga tim nasional U-17.

Selain kariernya yang cemerlang, kehidupan Paul Pogba juga menarik untuk disimak. Berikut ini 5 fakta menarik tentang Paul Pogba:

1. Berasal dari keluarga pesepakbola

Biang Bola
[Image Source cdnau.ibtimes.com]
Pemain kelahiran Perancis ini ternyata berasal dari keluarga pesepakbola. Sang ibu, Yeo Moriba, bahkan pernah tercatat sebagai pemain sepakbola. Kakak Paul Pogba, yaitu Florentin Pogba juga merupakan pemain sepakbola profesional yang bermain untuk klub Liga Perancis.

Saudara kembarnya yang lain, Saint-Etienne dan Mathias Pogba juga terjun dalam dunia sepakbola dan bergabung dengan klub asal Belanda, Sparta Rotterdam. Pogba dan ketiga saudara lelakinya sepakat bahwa sang ayah tercinta, Faasou Antoine Pogba yang menjadi inspirasi utama mereka dalam bermain bola.

2. Melakukan debut di Manchester United

Biang Bola
[Image Source images.thepeoplesperson.com]
Masa kecil Paul Pogba dihabiskan dengan keseriusannya mendalami sepakbola. Tak heran kini Pogba menjadi salah satu biang bola yang sangat diperhitungkan. Pertama kali memulai belajar sepakbola, Paul Pogba berlatih bersama tim US Roissy- en-Brie yang berlokasi tidak terlalu jauh dari huniannya.

Setelah berlatih selama 7 tahun bersama tim junior tersebut, Pogba berpindah ke akademi Le Havre pada tahun 2007. Penampilan ciamik Pogba mampu menarik perhatin klub besar sekelas Juventus dan Arsenal. Tapi justru Manchester United yang berhasil memboyong Pogba pada tahun 2009. Bersama tim ini pula, Pogba pertama kali melakukan debut di Liga Primer Inggris melawan Stoke City.

3. Justru terkenal setelah bersama Juventus

Biang Bola
[Image Source d.ibtimes.co.uk]
Awal kariernya di Manchester United ternyata tidak bertahan lama. Di akhir musim, manajemen Setan Merah tidak memperpanjang kontrak Pogba. Ia pun lalu bergabung dengan Juventus yang dulu sempat menginginkan Pogba di awal debutnya. Tak disangka, bersama Juventus, Pogba justru bisa tampil memukau bahkan disejajarkan dengan sang legenda, Pirlo. Bersama Juventus, Pogba berhasil meraih 4 gelar Serie 4 berturut-turut.

 

4. Sangat mencintai sang ibu

Biang Bola
[Image Source d.ibtimes.co.u]
Meski sudah bergelar pemain bintang, Pogba ternyata tak segan menunjukkan kecintaannya pada sang ibu, Yeo Moriba. Hal ini terbukti dengan diajaknya Yeo Mariba pada ajang Ballon d’Or 2015. Sang ibu pun menjadi saksi keberhasilan Pogba meraih penghargaan FIFPro World XI. Tak cuma datang bersama, Pogba dan sang ibu tampil serasa dalam balutan busana serba hitam dengan aksen bunga berwarna metalik.

5. Balik kucing ke tim Setan Merah

Biang Bola
[Image Source thesun.co.uk]
Meski dulu pernah dijual sangat murah oleh Manchester United, ternyata di masa kepemimpinan Jose Mourinho, tim Setan Merah ingin mengembalikan Pogba dengan harga tinggi. Juventus berberat hati melepas Pogba, namun akhirnya Manchester United berhasil memboyongnya ke Old Trafford dengan harga EURO 106 juta. Bersama Manchester United kini, penampilan Pogba semakin matang.

Si biang bola ini mencatatkan sejumlah prestasi mengagumkan, misalnya saja meraih Bola Emas Piala Dunia U-20 FIFA: 2013, Pemain Muda Terbaik Dunia FIFA 2014, UEFA Team of the Year: 2015, dan juga pemberi assist terbanyak di Serie A: 2015–16.