Berita Sepakbola Nasional Terbaru : Pertamina Ingin Ikut dalam Kompetisi PSSI

Setelah PS TNI milik TNI dan Bhayangkara Surabaya United milik Polri, Pertamina meramaikan kompetisi resmi PSSI.

0
berita sepakbola nasional terbaru
[Image source aria.id]

Bolahero.comBerita sepakbola nasional terbaru saat ini mengulas tentang ketertarikan Pertamina untuk ikut serta dalam ajang sepakbola profesional yang digelar oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Nampaknya Pertamina sebagai BUMN atau Badan Usaha Milik Negara kepincut dengan keberadaan PS TNI milik TNI dan Bhayangkara Surabaya United milik Polri di kancah sepakbola nasional.

Oleh karenanya, menjadi suatu berita sepakbola nasional terbaru yang menghebohkan karena Pertamina ternyata juga ingin membuat tim sepakbola serupa yang nantinya akan berlaga di kompetisi resmi PSSI.

Sebelum ini, Pertamina merupakan BUMN yang menjadi sponsor bagi tim Manor Racing ketika Rio Hariyanto bertindak sebagai pembalap di tim tersebut. Ternyata, tidak ingin hanya berkiprah dalam satu bidang olahraga saja, ada keinginan lain dari Pertamina untuk mencoba kancah sepakbola nasional.

Keinginan Pertamina untuk ikut meramaikan pentas sepakbola di Tanah Air di bawah naungan PSSI tersebut karena ingin membantu siapa saja dalam menyalurkan dan mengasah kemampuannya dalam bermain bola serta memajukan pesepakbolaan nasional.

berita sepakbola nasional terbaru
[Image source pertaminasoccerschool.com]
Selama ini, Pertamina sudah memiliki sekolah sepakbola (SSB) bernama Pertamina Soccer School. Sekolah sepakbola milik Pertamina ini dibuat untuk mewadahi bakat-bakat pemain muda yang ada di 34 kota cabang Pertamina.

Ide terciptanya Pertamina Soccer School ini muncul saat Dirut Pertamina Dwi Soetjipto melihat coaching clinic yang dilakukan terhadao guru olahraga dan pelatih sepakbola di Manokwari pada tanggal 16 Agustus 2016 lalu.

Pertamina Soccer School sendiri tak sendirian dalam mendidik calon pemain masa depan. Sekolah Sepakbola ini bekerja sama dengan klub papan atas Italia, AC Milan. Menurut Dwi, akan sangat disayangkan jika bakat para pemain muda Liga Sepakbola Pertamina U-16 tidak bisa disalurkan ke level kompetisi yang lebih tinggi.

Selain itu, Pertamina Soccer School juga terbuka untuk para pegawai Pertamina di usia produktif yang memiliki kemampuan bermain bola di atas rata-rata yang nantinya akan diberikan pelatihan lebih mendalam lagi sehingga dapat menjadi pemain bola profesional serta siap berlaga di pertandingan sepakbola sesungguhnya.

 

Dwi mengakui tidak mudah untuk membuat SSB berkualitas yang dapat mencetak pemain-pemain berbakat, namun dengan anggaran yang mencukupi dan sumber daya manusia pilihan, dirinya optimis bahwa Pertamina Soccer School mampu melahirkan pemain baru yang berdaya saing tinggi.

Bahkan, nantinya jebolan dari Pertamina Soccer School akan menjadi penggawa tim sepakbola milik Pertamina yang rencananya diberi nama Pertamina FC. Selain untuk turut meramaikan kancah sepakbola nasional yang sebelumnya telah diikuti oleh beberapa lembaga pemerintah lain PS TNI, Dwi juga berharap Pertamina FC bisa menjadi wadah untuk mempererat persatuan pekerja di Pertamina. Tidak hanya itu, dengan kehadiran Pertamina FC, maka akan dapat menyatukan seluruh unit Pertamina di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk membentuk Pertamina FC, akan dilakukan seleksi tingkat nasional, selain menunggu pemain muda jebolan Pertamina Soccer School. Seleksi ini rencananya akan mulai dilakukan tahun depan. Setelah mengumpulkan para pemain profesional yang bisa mewakili Pertamina, Pertamina FC dijadwalkan akan mulai mengikuti pertandingan tingkat nasional.

Dwi juga mengungkapkan bahwa Pertamina FC nantinya akan didaftarkan ke dalam PSSI. Dengan demikian, Pertamina FC akan lebih mudah mengikuti pertandingan-pertandingan yang diadakan oleh PSSI.

Lebih lanjut, Dwi mengungkapkan harapannya agar Pertamina FC bisa menjadi pemersatu dari berbagai kalangan di Pertamina, tanpa memandang jabatan dan posisi tugas. Hal ini tentu akan membawa dampak positif bagi kinerja Pertamina secara keseluruhan. Setelah Pertamina, kira-kira BUMN mana lagi yang turut meramaikan kancah sepakbola nasional?