Berita Sepakbola Nasional Terbaru : Data dan Fakta ISC A / TSC A 2016

Berbagai fakta menarik menghiasi perhelatan TSC B 2016 yang akan segera dimulai.

0
Berita Sepakbola Nasional Terbaru
[Image Source indonesiansc.com]

Bolahero.comBerita sepakbola nasional terbaru kali ini akan membahas tentang segala hal yang terjadi selama perhelatan Indonesia Soccer Championship A (ISC A) atau Torabika Soccer Championship A (TSC A) 2016.

Selesai sudah gelaran putaran pertama di ISC A/ TSC A dan beberapa waktu sebentar lagi, putaran kedua atau disebut dengan ISC B / TSC B 2016 akan dimulai.

Namun dari gelaran di putaran pertama tersebut, ada beberapa hal menarik yang patut diketahui oleh para penikmat bola di Tanah Air. Apa saja hal-hal menarik tersebut? Berikut daftarnya.

1. Sejak digelar sebagai pertandingan tak resmi pengganti Indonesia SUper League, ISC / TSC pada tanggal 29 April 2016, ada sebanyak 18 klub dari berbagai kota di Indonesia yang ikut berpartisipasi (1 klub dari Bali, 1 klub dari Kalimantan Selatan, 1 Klub dari Papua, 3 klub dari Kalimantan Timur, 5 Klub dari Jawa Timur, 1 Klub dari DKI Jakarta, 2 klub dari Jawa Barat, 1 klub dari Sulawesi Selatan, 1 klub dari Sumatera Barat dan 1 klub dari Sumatera Selatan).

2. Jumlah pertandingan yang telah digelar sampai penghujung putaran pertama sebanyak 153 kali dan total gol yang tersarang dari seluruh pertandingan sebanyak 377 kali.

3. Ada 3 klub yang mengikuti gelaran ISC A/ TSC A ini mengganti nama mereka, yaitu Persipasi Bandung Raya menjadi Madura United FC (Januari 2016), Persiram Raja Ampat menjadi PS TNI (Maret 2016) dan Surabaya United menjadi Bhayangkaran Surabaya United (April 2016).

4. Dari 18 klub yang berlaga, ada 6 klub yang menggunakan pelatih dari luar negeri, yaitu Arema Cronus (Milomir Šešlija), Madura United (Mário Gomes de Olivera), Persiba Balikpapan (Jaino Matos), Persija Jakarta (Paulo Camargo), PSM Makassar (Robert Rene Albert) dan Pusamania Borneo FC (Dragan Đukanović).

Berita Sepakbola Nasional Terbaru
[Image Source pikiran-rakyat.com]
5. Selama perhelatan di putaran pertama, setidaknya ada 4 klub yang sempat berganti pelatih, yaitu PSM Makassar {Luciano Leandro), Persela Lamongan (Stefan Hansson), Persib Bandung (Dejan Antonic) dan PS TNI (Eduard Tjong).

6. Arema Cronus adalah tim yang paling sedikit kebobolan yaitu dari 16 pertandingan hanya kemasukan 8 gol saja, sedangkan tim yang paling produktif, yaitu Madura United dengan 26 gol.

7. Madura United adalah pemuncak paruh pertama ISC A/ TSC A 2016 dengan 34 poin (10-4-2), sedangkan Persela Lamongan ada di posisi juru kunci dengan 10 poin (3-1-12).

8. Top skor pada paruh pertama ini dipegang oleh Luiz Junior dari PS Barito Putra dengan perolehan 11 gol, sedangkan the best assist diamankan oleh Marcel Silva dari Semen Padang.

9. Rekor cleansheet untuk penjaga gawang diraih oleh kiper dari Arema Cronus Kurnia Meiga Hermansyah sebanyak 10 kali pertandingan tanpa kebobolan.

10. Pemain terbaik versi Goal.com adalah Hamka Hamzah dari Arema Cronus, posisi kedua adalah Ismed Sofyan dari Persija Jakarta dan Yohanis Nabar dari Sriwijaya FC.

&nbsp

11. Rekor kemenangan terbesar selama ISC A/TSC A 2016 adalah ketika Sriwijaya FC menjamu Madura United dengan skor akhir 6-1 (15 Mei 2016) dan Pusamania melawan Persegres dengan skor 5-0 (17 Juni 2016).

12. Rekor kemenangan ketika bermain tandang terbesar diraih oleh Mitra Kukar saat bertanding di kandang PS TNI pada tanggal 14 Mei 2016 dengan skor akhir 1-4.

13. Rekor jumlah penonton terbesar terjadi pada saar Persija melawan Semen Padang pada tanggal 8 Mei 2016 dengan jumlah penonton sebanyak 50,117 orang. Sedangkan jumlah penonton tersedikit saat Pusamania menjamu Persiba pada tanggal 13 Mei 2016 dengan total penonton sebanyak 1.373 orang.

14. Tim yang pemainnya memperoleh kartu merah terbanyak diraih oleh Semen Padang dan Persiba Balikpapan dengan total 4 kartu merah sampai akhir ISC A/ TSC A 2016.

15. Pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion SI Jalak Harupat adalah laga yang paling banyak ditonton sehingga SCTV sebagai tv swasta nasional yang menyiarkan mendapat rating sebesar 4,4.

16. Selama putaran pertama ini, ada sebanyak 24 pemain asing yang didepak oleh tim lama mereka, yaitu Kiko Insa dan Lucas Patinho (Bali United), Abel Gebor dan Shane Malcolm (Bhayangkaran Surabaya United), Toni Mossi dan Jeong Kwang Sik (Madura United), Alan Leandro (Mitra Kukar), Eduardo Maciel dan Emile Betrand Mbamba (Gresik United), Kristian Adelmund, Herman Dzumafo dan Jose Galan (Persela Lamongan), Juan Carlos Clencoso (Persib Bandung), Vinicius Ries (Persiba Balikpapan), Jose Guerra (Persija Jakarta), Thiago Fernandes, James Koko Lomell dan Boakay Edy Foday (Persipura Jayapura), Tarik Boschetti (Pusamania Borneo FC), Boman Aime dan Alex Da Silva (PSM Makassar), Thierry Gathussi (Sriwijaya FC) dan Mekan Nasyrov (Semen Padang).