berita sepakbola eropa
Berita Sepakbola Eropa: Jerome Boateng Pemain Terbaik Jerman 2016

Bolahero.comBerita sepakbola Eropa terbaru kali ini datang dari Jerman, yang mana bek Bayern Munich, Jerome Boateng terpilih menjadi pemain terbaik Jerman tahun 2016. Pemain yang satu ini jadi bek pertama dalam 19 tahun terakhir, yang berhasil menyabet penghargaan tersebut.

Penghargaan pemain terbaik Jerman menjadi hadiah istimewa untuk aksi fantastis Boateng berbarengan klubnya dan timnas Jerman selama musim 2015/16. Bek keturunan Ghana itu sudah membantu Bayern Munich cuma kebobolan 17 gol sepanjang musim lau. Menurut catatan berita sepakbola Eropa, jumlah itu adalah rapor paling baik di Liga Jerman, serta cuma separuh dari total kebobolan tim tertangguh kedua, yakni Borussia Dormund dengan 34 gol.

Kehebatan Boateng juga menular ke timnas Jerman. Di mana ada peristiwa heroik Boateng yang mungkin akan sangat dikenang. Merupakan saat Boateng melakukan penyelamatan di depan garis gawang Manuel Neuer.

jerome boateng
Penyelamatan Jerome Boateng di depan garis gawang saat menghadapi Ukraina di penyisihan grup Piala Eropa 2016.

Aksinya itu menghindarkan Jerman dari kebobolan gol saat menghadapi Ukraina pada laga penyisihan grup di Piala Eropa 2016. Jerome Boateng juga berhasil menceploskan satu gol ke gawang Slowakia pada fase 16 besar, serta masuk dalam starting XI pilihan Piala Eropa 2016.

“Saya tidak dapat melukiskan apa yang terlintas di pikiran saya pada saat ini. Saya sangat bangga lantaran berhasil menyabet pengharagaan ini,” papar Jerome Boateng seperti ditulis berita sepakbola Eropa Deutsche Welle.

Jerome Boateng merupakan bek pertama, mulai sejak mantan Borussia Dortmund, Jurgen Kohler yang dinobatkan menjadi pemain terbaik Jerman tahun 1997. Terkecuali penghargaan pemain terbaik, Jerman juga menganugerahkan penghargaan manajer terbaik. Penghargaan tersebut jatuh pada manajer tim promosi musim lalu, Darmstadt, Dirk Schuster.

Pemenang ajang ini lahir dari hasil jajak pendapat anggota Asosiasi Jurnalis Olahraga Jerman, serta berdasar pada publikasi majalah Kicker. Tahun 2015, pemenang ketegori pemain terbaik dan manajer terbaik diborong oleh Wolfsburg, dengan Kevin De Bruyne dan Dieter Hecking. Namun, De Bruyne sendiri memutuskan untuk hijrah ke Manchester City di musim panas tahun lalu. Demikian berita sepakbola Eropa terbaru Liga Jerman.