Berita Sepak Bola : Alasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek

0
Berita Sepak Bola : Alasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek
Berita Sepak Bola : Alasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek

 

Bolahero.comAlasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek adalah buruknya penampilan mereka di pemainan sebelumnya. Hal ini sempat menimbulkan spekulasi apakah Pelatih Chelsea, Antonio Conte atau Pakai Tiga Atau Empat Bek di Chelsea, mengingat pelatih ini sebelumnya sudah terbiasa dengan pola permainan sistem 3-5-2, sebuah sistem yang telah banyak membawa kesuksesan bersama Juventus dan juga ia terapkan saat melatih timnas Italia pada EURO 2016. Banyak pengamat yakin bahwa Conte akan tampil dengan visi mengamankan barisan belakang yang menjadikan Alasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek dalam sekali permainan.

 

Alasan Chelsea Tampil dengan 4 Bek, Sejarah Chelsea Lemah di Barisan Belakang

 

Tiap dikonfirmasi soal skema permainan, Conte yang asal Italy selalu menjawab belum bisa memastikannya. Bagi dia yang penting adalah semangat yang tepat dari tim dan organisasi tim yang baik. Seperti diketahui, Chelsea sempat tampil buruk di awal musim 2015-2016 yang disebabakan lini belakang mereka sangat lemah. Pemicunya adalah waktu itu dua pemain belakang veteran John Terry dan Branislav Ivanovic bermain dengan buruk yag membuat prestasi Chelsea jelek. Bahkan dari lima laga awal Liga Premier Inggris, Chelsea sudah menelan tiga kekalahan.

Sebaiknya Chelsea Main dengan Skema 4-4-2

 

Formasi 4-4-2 ini ideal dengan kondisi Chelsea saat ini yang terdiri dari 4 pemain lini belakang (back), 4 pemain lini tengah (midfielder), dan 2 pemain lini depan (forward). Keempat back masing-masing adalah 2 center back, left back dan right back. Formasi belakang ini didukung oleh lini tengah terdapat 2 center midfielder, left midfielder, dan right midfielder. Selain itu, kedua center back boleh maju sampai paling jauh ke garis tengah lapangan.

Sistem ini efektif untuk Chelsea karena dengan maju hanya sampai garis tengah, anggota tim masih bisa berlindung pada aturan offside. Sedangkan jika center back Chelses harus maju melebihi garis tengah lapangan, tim menjadi tidak aman terhadap serangan balik lawan. Selama ini Chelsea kewalahan menghadapi serangan lawan yang berbuah petaka ke area pertahanan. Keuntungan lain dengan sistem ini saat penyerang maju mereka tidak terkena aturan offside ketika bola masih berada di lapangan mereka sendiri. Meski demikian, pada saat-saat tertentu center back boleh maju sampai ke depan gawang untuk memabntu serangan.