Berita Piala Dunia : Gianluigi Donnarumma Cikal Bakal Penerus Buffon

Padahal usianya baru 17 tahun, akan tetapi kelincahannya dan ketangguhannya di bawah mistar gawang tidak dapat diremehkan.

0
Berita piala dunia
[Image source twimg.com]

Bolahero.com – Setelah berita piala dunia sebelumnya mengabarkan bahwa Sam Allardyce telah berhasil menyusun skuad The Three Lions Inggris yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti, kali ini informasi terbaru datang dari kubu Azzurri Italia.

Gian Piero Ventura yang dipercaya untuk membesut Tim Nasional (Timnas) Italia dan menggantikan Antonio Conte pada kursi kepelatihan sebelumnya juga sudah mulai menyusun kerangka tim yang bakal melakoni pertandingan persahabatan melawan Prancis beberapa waktu ke depan.

Ventura mengatakan bahwa racikannya ini berbeda dengan apa yang dijalankan Conte sebelumnya. Bahkan dia menegaskan bahwa setiap pelatih memiliki ciri khas sendiri-sendiri, seperti memasang pemain sayap sebagai pendobrak barisan pertahanan atau juga menginstruksikan penyerang lubang yang melakukannya.

Untuk itu, Ventura tidak ingin diintervensi dan dibanding-bandingkan dengan Conte dalam hal menyusun dan meracik Timnas Italia yang bakal bertarung dengan negara-negara lain di babak kualifikasi guna mendapatkan tiket melaju ke Piala Dunia 2018 nanti.

 

Secara umum, tidak ada banyak perubahan dan otak-atik dalam tubuh tim Azzurri. Ventura akan berusaha mempertahankan komposisi yang pernah digunakan Conte ketika melatih Timnas Italia yang berlaga di EURO 2016 lalu. Hanya saja, dia akan menambahkan beberapa pemain sebagai pelapis, salah satunya adalah dengan memanggil kiper muda dari AC Milan Gianluigi Donnarumma.

Dengan bergabungnya Donnarumma ke Timnas Italia ini, maka menjadikan kubu Azzurri banyak disesaki pemain muda, karena sebelumnya sudah ada Alessio Romagnoli yang juga dari AC Milan, pemain depan Torino Andrea Belotti dan striker dari Genoa, yaitu Leonardo Pavoletti.

Donnarumma dapat dikatakan sebagai pemain paling muda di kubu Azzurri sekarang ini karena dia baru berusia 17 tahun dan memulai debut pertamanya di Serie A Italia pada usianya yang ke-16. Kesuksesannya dalam mengawal dan menjawa gawang AC Milan menjadi alasan Ventura untuk memanggilnya ke Timnas Italia.

Tentu saja dengan kehadiran Donnarumma di kubu tim Azzurri, banyak orang yang beranggapan bahwa dirinya bakal menggantikan penjaga gawang yang selama ini menjadi pagar terakhir Timnas Italia Gianliugi Buffon.

Berita piala dunia
[Image source gazzettaworld.com]
Walaupun dikabarkan akan menjadi pengganti sekaligus penerus 2 penjaga gawang terbaik Timnas Italia, Buffon dan Gianluca Pagliuca, namun Donnarumma tidak ingin terlalu menanggapinya. Bahkan tidak segan dia mengatakan bahwa Buffon justru adalah idolanya sejak kecil.

Seperti halnya Donnarumma yang mengatakan bahwa Buffon adalah idolanya, penjaga gawang Juventus ini juga menyanjung bahwa Donnarumma adalah penjaga gawang yang masuk kategori langka.

Dikatakan begitu karena menurut Buffon, di usianya yang masih sangat muda, Donnarumma mampu mengendalikan tekanan pertandingan yang berasal dari pemain atau juga para pendukung. Buffon juga mengatakan bahwa Donnarumma adalah penjaga gawang hebat yang nantinya bakal bersinar jika terus diasah kepiawaiannya dalam bermain bola.

Donnarumma yang lahir di Castellamarre di Stabia, Italia pada tanggal 25 Februari 1999 itu memulai karir sepakbolanya pada tahun 2013 dengan AC Milan junior. Kemudian dia ditarik menjadi penggawa inti AC Milan pada tahun 2015.

Debut pertamanya di AC Milan (senior) aadlah ketika melakoni pertandingan melawan Real Madrid di perhelatan Liga Champions musim 2015/2016. Dia juga sejak tahun 2014 sampai dengan 2016 telah dipanggil untuk memperkuatn tim Azzurri U-15, U-17 dan U-21.