Berita Liga Primer Inggris : Ternyata Guardiola Pernah Tolak Gabung Manchester United

Ternyata, ketika masih berstatus pemain Barcelona, Pep Guardiola pernah menolak pinangan Manchester United.

0
Berita Liga Primer Inggris
[Image source thesun.co.uk]

Bolahero.com – Suatu berita Liga Primer Inggris paling hot pada saat Manchester United masih ditangani Sir Alex Ferguson adalah ketika saat Josep ‘Pep’ Guardiola menolak pinangan Setan Merah.

Ketika masih aktif bermain, Josep ‘Pep’ Guardiola pernah menjadi buruan hangat Manchester United, namun pendirian yang teguh tak mampu menggoyahkan rayuan Setan Merah. Josep Maria Orobtig, agen Pep mengungkapkan kliennya tersebut tak ingin mengingkari kontraknya bersama Barcelona dan hal tersebut menjadi salah satu berita Liga Primer Inggris paling santer pada saat itu.

Dalam ungkapan Orobtig, Guardiola pernah sangat diinginkan oleh Sir Alex Ferguson. Saat itu tepatnya di musim 2000 – 2001, Fergie meminta perwakilan United untuk membujuk Pep bermain bersama mereka. Orobtig pun didekati oleh perwakilan United, kemudian jadwal pertemuan pun ditentukan, namun Pep yang saat itu kontraknya belum habis tak menanggapinya, disebutkannya Pep merupakan seseorang yang mempertahankan ucapannya.

Walaupun jadwal pertemuan sudah disepakati, sayangnya, Pep mengatakan kepada agennya bahwa dirinya menolak pertemuan dengan the Red Devils, karena dirinya masih menghormati kontraknya bersama Blaugrana yang belum habis.

Info Liga Primer Inggris
[Image source thehardtackle.com]
Ditambahkannya lagi, saking menghormati klub dan mempertahankan pendiriannya, Pep sampai tak mau membicarakan kemungkinan untuk bergabung dengan klub Premier League itu dan tetap pada keputusannya untuk tidak berbicara dengan klub lain sebelum kontraknya benar–benar usai hingga akhirnya kesempatan untuk bergabung dengan United pun sepenuhnya tak pernah terjadi.

Respon tak menyenangkan yang diberikan Pep tersebut lantas membuat kubu United marah. Banyak media Britania yang menjadikan penolakan Pep ini sebagai berita Liga Primer Inggris paling menghebohkan. Bahkan setelah Pep menolak untuk bertemu apalagi melakukan pembicaraan terkait dengan tawaran United, pihak Red Devil tidak ingin lagi melakukan interaksi dengan Guardiola.

Setelah benar–benar tak memperpanjang kontraknya bersama Barca, Pep kemudian melanglang buana ke Italia, Qatar dan Meksiko. Pep sempat bermain di Serie A bersama Brescia, kemudian ke tim Ibukota Italia, AS Roma. Selanjutnya petualang Pep berhenti di Dorados Meksiko setelah sempat bermain di klub kaya asal Qatar, Al Ahli.

Josep Guardiola merupakan salah satu lulusan akademi sepakbola terbaik di dunia milik Barca, La Masia. Bermain sebagai gelandang, Pep salah satu gelandang terbaik yang pernah dilahirkan La Masia.

 

Pep masuk akademi pada 1984 kemudian lulus dan promosi ke tim B pada 1990. Tak butuh waktu lama, pada 1991 Pep pun mulai menghiasi cerita karirnya bersama skuad utama Barcelona hingga meninggalkan tim pada 2001. Selama 10 tahun membela Barca, Pep telah menyumbangkan banyak gelar.

Enam gelar La Liga, dua gelar Copa Del Rey dan berbagai gelar lainnya. Uniknya, ketika masih menjadi pemain Pep tak mampu memberikan gelar Liga Champions, namun berhasil dipersembahkan ketika menjadi pelatih, bahkan dua kali dirinya mampu membawa Barcelona menjadi kampiun.

Kini, Pep akhirnya terbang ke Manchester, namun membela tetangga berisik Setan Merah, Manchester City. Sebagai pelatih, kenangan Pep yang diincar oleh United dan akhirnya diabaikan sepertinya akan menjadi pelecut semangat mantan pelatih Bayern Munchen tersebut.

Pep akan menjalani Derby Manchester pertamanya, dan lawan yang akan dihadapinya adalah musuh bebuyutannya ketika masih melatih Barcelona, Jose Mourinho. Drama panas yang pernah keduanya tampilkan di La Liga tampaknya akan kembali terulang di musim ini.

Adu taktik dan strategi dalam meracik komposisi pemain akan menjadi pembuktian keduanya ketika kedua tim bersua di stadion Old Trafford. Apalagi di United ada pemain yang sempat bersitegang ketika masih di Barca, Zlatan Ibrahimovic. Mantan kapten timnas Swedia tersebut sempat melontarkan ucapan bahwa Pep ketakutan ketika menghadapi Mou. Ucapan yang berujung dibuangnya Ibra ke AC Milan. Akankah ucapa Ibra terbukti atau malah Pep yang akan tertawa bahagia di akhir laga.