Berita Bola Indonesia Terkini 5 Fakta Menarik Seleksi Timnas
Berita Bola Indonesia Terkini 5 Fakta Menarik Seleksi Timnas

Bolahero.comBerita Bola Indonesia Terkini jelang diumumkannya siapa saja pemain yang akan bergabung menjadi skuat Timnas, mari simak beberapa fakta menarik tentang seleksi Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016:

1. Pemain Naturalisasi

Pemain Naturalisasi
Satu-satunya pemain naturalisasi yang diundang seleksi adalah Kim Jeffrey Kurniawan

Hanya ada satu pemain naturalisasi yang kini dipanggil Alfred Riedl untuk mengikuti seleksi, yakni Kim Jeffrey Kurniawan. Padahal jika menengok ke belakang, sejumlah pemain naturalisasi selalu menjadi langganan dan andalan bagi Timnas Indonesia untuk bertarung di ajang Piala AFF.

Sosok pemain naturalisasi yang performanya apik akhir-akhir ini pun tak dipanggil oleh Riedl. Sebut saja seperti Raphael Maitimo yang bermain apik memperkuat Arema Cronus juga tak diundang.

Hingga kini belum ada pernyataan Riedl secara langsung mengenai alasan terkait minimnya pemain naturalisasi yang ikut seleksi. Berita Bola Indonesia Terkini

2. Pemain Langganan Alfred Riedl

Pemain Langganan Alfred Riedl
Kurnia Mega salah satu pemain langganan Riedl

Beberapa nama yang diundang seleksi oleh Alfred Riedl pernah memperkuat Tim Merah Putih di tahun sebelumnya. Seperti Kurnia Meiga yang telah memperkuat Timnas sebanyak dua kali, yakni Piala AFF tahun 2010 dan Piala AFF 2014.

Irfan Bachdim juga ikut dipanggil pada seleksi kali ini. Tak terkecuali dengan punggawa-punggawa timnas lainnya yang pernah memperkuat di tahun 2014, antara lain Boaz Solossa, Achmad Jufriyanto, Zulham Zamrun, Evan Dimas, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Manahati Lestusen, I Made Wirawan, Dian Agus Prasetyo, dan Samsul Arif. Berita Bola Indonesia Terkini

3. Persib Menyumbangkan Pemain Terbanyak

Persib Menyumbangkan Pemain Terbanyak
Persib menyumbangkan pemain terbanyak untuk seleksi Timnas

Diantara klub-klub lainnya, pemain Persiblah yang paling banyak dipanggil untuk seleksi. Tercatat ada 6 pemain Persib yang mengikuti seleksi. Sementara Persija dan Arema Cronus berada di urutan selanjutnya dengan 5 pemain yang mengikuti seleksi. Berita Bola Indonesia Terkini

4. Tiga Klub Tak Sumbangkan Pemain

Tiga Klub Tak Sumbangkan Pemain
Persegres Gresik United tak sumbangkan pemain pada seleksi Timnas

Persib menjadi klub yang menyumbangkan pemain terbanyak tetapi ada pula klub yang tak menyumbangkan pemain sama sekali. Tiga klub yang tak menyumbangkan pemainnya sama sekali itu antara lain Persegres Gresik United, Persiba Balikpapan, dan Perseru Serui.

5. Pemain Termuda dan Pemain Tertua

Pemain Termuda dan Pemain Tertua
Dendy Sulistyawan merupakan salah satu pemain termuda yang ikut seleksi Timnas

Dari 47 pemain yang dipanggil oleh Riedl untuk seleksi, tercatat pemain yang paling muda berusia belum genap 20 tahun. Ada tiga pemain dengan usia 19 tahun, yaitu Dendy Sulistyawan (Persela), Septian David Maulana (Mitra Kukar), dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (PSM).

Sedangkan pemain tertua yang mengikuti seleksi adalah kiper Persib, I Made Wirawan dengan usia 34 tahun.