Belgia Pesta Gol Ke Gawang Irlandia
Belgia 3-0 Republik Irlandia Grup E Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Belgia pesta gol ke gawang Irlandia saat kedua tim saling berhadapan dalam laga kedua Grup E Piala Eropa 2016. Bertanding di Stade de Bordeaux, Sabtu (18/06/16) malam WIB, tim besutan Marc Wilmots ini unggul telak tiga gol tanpa balas atas Republik Irlandia yang dibuat kerepotan oleh para pemain muda Belgia yang bermain gemilang pada pertandingan tersebut.

Belgia mampu mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola sebesar 54% berbanding 46%. Kemudian mereka juga memiliki 18 attempts dengan tujuh di antaranya mengarah tepat ke gawang Irlandia. Meski begitu The Red Devils malah tidak mampu menjebol gawang Republik Irlandia di babak pertama yang berlangsung cukup seru ini karena sempat terjadi jual beli serangan antara kedua tim ini.

Namun semuanya berubah saat laga babak kedua dimulai karena Belgia berhasil mencetak gol pertamanya lewat tembakan kaki kiri Romelo Lukaku di menit ke-48. Gol bomber andalan Everton ini bermula dari serangan balik Belgia yang dilancarkan oleh Kevin de Bruyne yang kemudian memberikan assist kepada Lukaku yang posisinya berada di depan kotak penalti Irlandia dan tembakan keras kaki kirinya mengirimkan bola ke dalam gawang.

Selepas gol tersebut Irlandia mendapatkan peluang untuk menyamankan kedudukan di menit ke-59 tetapi sepakan Robert Brady masih bisa diblok oleh pemain bertahan Belgia. Gawang Irlandia kembali kebobolan dan kali ini yang menyumbangkan gol adalah Axel  Witsel. Umpan matang Thomas Meunier berhasil ditanduk oleh Witsel dan bola meluncur deras ke dalam gawang Irlandia yang kini tertinggal dua gol dari Belgia.

Irlandia semakin kesulitan untuk mengejar Belgia yang menambah keunggulan mereka setelah Lukaku mencetak gol keduanya di menit ke-70. Serangan balik Belgia ini bermula dari Meunier yang mengirimkan bola kepada Eden Hazard yang kemudian menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti Irlandia. Pemain Chelsea tersebut lantas memberikan umpan kepada Lukaku yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Irlandia. Dengan kemenangan ini maka Belgia naik ke posisi kedua di tangga klasemen dengan nilai tiga sedangkan Irlandia berada di urutan ketiga dengan nilai satu.