Beberapa Fakta Menarik tentang Klub dan Supporter Bola di Indonesia
Sejumlah klub bola di Indonesia memiliki suporter fanatik

Bolahero.com – Beberapa diantara Anda pasti tengah menanti informasi mengenai fakta menarik tentang klub dan supporter bola di Indonesia ini. Sepak bola memang menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia dan karena itu ada banyak sekali supporter dari tiap klub lokal Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa fakta menarik tentang klub Indonesia maupun supporternya? Yuk, mari kita ulas disini.

  1. Hanya di Indonesia, ketika pertandingan klub Indonesia diadakan, supporter pasti ada yang mengenakan helm. Hal ini biasanya terjadi karena seringnya terjadi ricuh atau perkelahian antar supporter klub.
  2. Perkelahian biasanya terjadi karena yel-yel saling hina yang berakhir pada pertikaian dan perkelahian, hingga bahkan dendam.
  3. Yel-yel klub Indonesia kebanyakan terbuat dari gubahan lagu dangdut atau lagu lawas. Sangat jarang ditemukan lagu yel-yel original buatan supporter sendiri.
  4. Persib Bandung adalah salah satu klub besar di Indonesia dan pernah menjadi klub terkaya di Asia Tenggara.
  5. Ada paling tidak 3 tim dari Indonesia yang mempunyai supporter yang turun temurun dari kakek, Bapak, hingga anak yaitu PSM Makassar, Persib, dan PSMS Medan.
  6. Setiap kali Persib dan Persija bertanding, laga ini selalu menjadi trending topik di dunia maya.
  7. Laga antar Persib dan Persija sering dianggap sebagai El Clasico-nya Indonesia. Padahal, bukan semestinya demikian. Laga antara Persib dan Persija menjadi ramai karena memang supporter kedua tim memang telah bermusuhan sejak tahun 2000-an. Yang pantas dianggap sebagai El-Clasico adalah laga Persib vs Persebaya karena sejak puluhan tahun, Persebaya-lah yang menjadi klub tandingan Persib.