barcelona
Barcelona Mesti Waspadai Kutukan Stadion Anoeta

Bolahero.com – Bersama empat manajer yang berbeda, Barcelona berhasil meraih kesuksesan mereka. Empat nama tersebut merupakan Josep Guardiola, Tito Vilanova, Tata Martino, dan manajer Barca saat ini, Luis Enrique. Selain memberi kesuksesan, empat nama itu juga memiliki persamaan lain, yakni belum pernah menang di kandang Real Sociedad.

Setelah melewati dua pertandingan yang sulit melawan Real Madrid dan Atletico Madrid, Barcelona akan kembali menghadapi laga berat. Lionel Messi dan kawan-kawan akan bertandang ke markas Real Sociedad, Anoeta, Minggu (10/4) dinihari WIB di jornada ke-32.

Kondisi fisik Barca yang terkuras bisa jadi celah bagi Sociedad untuk kembali menyulitkan The Catalans. Ditambah lagi fakta yang membuktikan bahwa Barca belum pernah menang di kandang Sociedad selama lima musim terakhir di La Liga.

Bukan hanya Luis Enrique yang menyerah 0-1 di awal musim ini. Tata Martino, Tito Vilanova, bahkan salah satu manajer terbaik Barca, Josep Guardiola juga gagal meraih kemenangan di Anoeta. Jika menilik histori selama enam tahun terakhir, Sociedad sebenarnya pernah terdegradasi dari La Liga.

Musim 2010/11 merupakan comeback Sociedad ke level teratas kompetisi sepakbola Spanyol. Sejak saat itu juga Barca tidak pernah menang di kandang Sociedad. Padahal dalam kurun tersebut, Blaugrana merupakan salah satu klub yang mendominasi Spanyol dan Eropa dengan raihan 13 trofi.

Musim 2010/11, Barcelona-nya Guardiola kandas 1-2 di Anoeta. Semusim kemudian The Catalans berhasil memperbaiki catatan dengan hasil imbang 2-2. Sayangnya saat Barca dibesut Vilanova, mereka kembali kalah 2-3 dari Sociedad. Dilanjutkan dengan era Martino, di mana Barca kalah telak 1-3 dari tim tuan rumah.

Musim lalu sebenarnya Barca berpeluang untuk menang atau minimal menggondol satu poin dari Anoeta. Namun gol bunuh diri Jordi Alba membuyarkan semua harapan. Tim besutan Luis Enrique pun harus mengakui keangkeran markas Real Sociedad itu.

Menariknya, selama periode buruk itu, Barca telah tiga kali membuat gol bunuh diri. Mulai dari Gerard Pique (2012/13), Alex Song (2013/14) dan Jordi Alba (2014/15). Jadi, sudah sepatutnya Barcelona mewaspadai ‘kutukan’ Stadion Anoeta. Akankah Luis Enrique mematahkan kutukan tersebut?