Argentina Kembali Gagal Di Final Untuk Ketiga Kalinya
Catatan kelam Argentina di laga final dalam tiga tahun terakhir

Bolahero.com – Argentina kembali gagal di final untuk ketiga kalinya secara beruntun dan yang terbaru mereka baru saja menelan kekalahan pahit di final Copa America Centenario menghadapi Chile di mana Lionel Messi dan kawan-kawan dipaksa tertunduk setelah mereka kalah dalam drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2. Hasil minor ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi tim besutan Gerardo Martino yang digadang-gadang bakal membawa pulang trofi juara ke Argentina.

Tercatat semenjak tahun 2014 lalu La Albiceleste selalu berhasil melaju hingga ke babak final turnamen besar yang mereka ikuti. Contohnya saja dua tahun lalu di mana Argentina secara gemilang berhasil tampil di final Piala Dunia 20014 di Brasil tetapi pada akhirnya mereka harus puas menempati posisi kedua alias menjadi runner-up karena di laga pamungkas ini mereka dibekuk oleh Jerman yang unggul topos 0-1 berkat gol tunggal Mario Gotze.

Hal yang sama kembali terulang di tahun 2015 yang mana Argentina berhasil melaju hingga ke final Copa America Centenario 2015. Pada saat itu yang menjadi lawan mereka adalah Chile yang berstatus sebagai tim tuan rumah. Hasil akhirnya Argentina gagal keluar sebagai juara dan kesempatan untuk memenangkan trofi hilang di depan mata karena mereka kalah di babak adu tos-tosan tang berakhir dengan skor 1-4. Kekalahan tersebut tidak lepas dari kegagalan Gonzalo Higuain dan Ever Banega saat mengeksekusi tendangan penalti.

Tidak heran euforia pendukung Argentina sangat memuncak melihat tim kesayangan mereka kembali menginjakan kaki di final Copa America Centenario di tahun 2016 ini apalagi mereka kembali menghadapi Chile sang juara bertahan. Argentina diharapkan mampu membalaskan kekalahan mereka pada final edisi sebelumnya saat menghadapi Chile di MetLife Stadium, New Jersey, Senin (27/6/16) pagi WIB.

Sayangnya harapan tersebut tidak terwujud karena kegagalan Messi sebagai penendang penalti pertama Argentina membuat Chile berbalik berada di atas angin setelah kegagalan Arturo Vodal sebagai eksekutor pertama. Lucas Biglia juga gagal menjalankan tugasnya sehingga Chile mengakhiri babak adu penalti ini dengan keunggulan 4-2 yang membuat mereka kembali keluar sebagai juara dan seperti dilansir Opta, setidaknya Argentina sudah tujuh kali menelan kekalahan di final termasuk final Copa America 2004 dan 2007 kemudian Piala Konfederasi 1995 dan 2005.