Albania Sukses Bungkam Rumania
Rumania 0-1 Albania Grup A Piala Eropa 2016

Bolahero.com – Albania sukses bungkam Rumania pada laga ketiga Grup A Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, pada Senin (20/06/16) dini hari WIB. Pada pertandingan tersebut Albania mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 1-0 dan hasil ini membuat skuad besutan Giovanni de Biasi menjaga kans mereka untuk melaju ke babak 16 besar.

Untuk jalannya pertandingan sendiri berlangsung dengan seru karena kedua tim sama-sama menargetkan tiga angka pada laga ini. Albania sempat dibuat kewalahan oleh Rumania yang tampil menekan sejak awal pertandingan dan mereka pun mampu mencatatkan penguasaan bola sebesar 59 persen sedangkan ball possesion yang dimiliki dicatatkan Albania hanya sebesar 41 persen.

Meskipun mendapat tekanan yang datang secara bertubi-tubi rupanya Albania mampu menahan gempuran tersebut berkat rapatnya barisan lini pertahanan mereka. Ini bisa dilihat dari jumlah percobaan yang dihasilkan oleh Rumania yang membuat 16 percobaan dan hanya tiga yang on target. Albania malahan mampu bermain lebih efektif karena mereka memiliki enam shoot on target dari hasil 14 tembakan percobaan mereka yang diarahkan ke gawang Rumania. Gol kemenangan Albania sendiri baru tercipta pada menit ke-43 lewat sundulan kepada Armando Sadiku.

Gol tersebut berawal dari umpan silang yang dikirimkan oleh Memushaj yang mengarah ke arah tiang jauh Rumania dari sisi kanan. Sadiku yang sudah siap menyambut bola langsung melompat dan menanduk bola yang tidak mampu diantisipasi oleh Tatarusanu yang sudah bergerak maju. Gol ini sekaligus menutup pertandingan di babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan Albania.

Di babak kedua, Rumania terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan mereka dengan beberapa kali melepaskan tembakan ke gawang Albania. Tetapi karena kokohnya pertahanan yang dibangun oleh Albania membuat barisan lini depan Rumania sempat dibuat frustrasi. Albania nyaris menambah keunggulan mereka jika saja tandukan Memushaj gagal dihalau oleh kiper Rumania. Di menit ke-76, Rumania mendapatkan kans untuk mencetak gol balasan namun sayang sepakan keras Florin Andone malah membentur tiang gawang. Hingga pertandingan babak kedua ini berakhir skor masih tidak berubah 1-0 untuk Albania.