wacana mendatangkan pelatih ternama asing
Menpora Imam Nahwari tanggapi soal ketertarikannya untuk datangkan pelatih luar

Bolahero.comAkhir-akhir ini ada wacana mendatangkan pelatih ternama asing seperti Jose Mourinho ataupun Guus Hiddink untuk melatih timnas yang dilontarkan oleh Menpora Imam Nahrawi. Namun apakah alasannya?

Menurut Menpora, ini bukan berarti tidak menganggap kemampuan pelatih lokal. Menurut dia perlu untuk membuka pintu seluas-luasnya untuk menerima informasi dan ilmu dari pihak asing demi perkembangan sepakbola Indonesia yang lebih baik lagi.

“Apakah pelatih lokal tidak bagus? Tentu tidak, pelatih yang kita miliki luar biasa dan hebat. Namun kita tidak diperkenankan menutup mata dari kemajuan di dunia sepakbola”, ucapnya ketika membuka Liga Sepakbola Pelajar U-14 di Pulau Pramuka, Kab. Adm. Kep. Seribu, DKI Jakarta di depan awak wartawan.

“Kita mesti membuka diri untuk menerima informasi dan ilmu pengetahuan serta pengalaman tidak hanya dari pemain asing, namun juga dari pelatih negara lain yang telah terbukti pengalamannya”.

Dia mengatakan banyak negara yang melakukan terobosan yang besar guna perkembangan sepakbola, termasuk menggunakan pelatih asing berkualitas dan kita juga mesti demikian.

Mengenai nama Mourinho dan Hiddink telah mencuat, menurutnya itu hanya sebatas opsi. “Mereka itu hanya wacana. Jika rekan-rekan memiliki nama yang lain, silakan saja mari kita bahas dan diskusikan”, ucapnya lagi.

Dalam sejarahnya, Timnas Indonesia sering dilatih oleh pelatih asing. Saat dilatih pelatih Uni Soviet, Anatoli Polosin merupakan terakhir kali Indonesia mendapatkan prestasi Internasional yaitu medali emas SEA Games 1991.