Alasan Juergen Klopp Tidak Pilih Nama Besar
Klopp beberkan alasan dirinya memilih pemain yang bukan berlabel pemain bintang

Bolahero.com – Ada alasan Juergen Klopp tidak pilih nama besar dalam aktivitas belanja Liverpool pada bursa transfer musim panas 2016 ini setelah sebelumnya tim asal Merseyside ini berhasil mendatangkan tiga pemain baru ke Anfield. Yang menarik adalah dari tiga nama pemain baru mereka tersebut memang tidak ada yang menyandang predikat sebagai pemain bintang.

Sejauh ini Liverpool baru menghabiskan dana sebesar 38,7 juta poundsterling untuk memboyong tiga orang pemain pada musim panas ini. Ketiga pemain tersebut adalah Joel Matip yang didapatkan secara gratis. Kemudian ada juga Loris Karius yang dibeli dengan banderol 4,7 juta pounds dan yang terakhir adalah Sadio Mane. Untuk nama yang terakhir ini Liverpool mesti merogoh kocek lumayan dalam karena mereka mengeluarkan dana sebesar 34 juta pounds untuk mengamankan tanda tangan Mande.

Namun pembelian pemain baru yang dilakukan oleh Liverpool ini memang kalah mentereng bila dibandingkan dengan klub rival seperti Manchester United yang sukses mendapatkan Zlatan Ibrahimovic lalu Manchester City yang juga membeli Ilkay Guendogan. Meski begitu ada alasan Juergen Klopp cenderung memilih pemain yang kurang begitu dikenal karena baginya yang paling penting adalah bisa mendapatkan pemain yang tepat.

“Jika kami mendekati seorang pemain dan sudah jelas sekali kami tidak memiliki kans untuk mendapatkannya maka hal itu jelas tidak akan ada gunanya,” ucap Klopp seperti yang dikutip dari Soccerway. “Carilah pemain yang bisa Anda dapatkan kemudian maksimalkanlah dia. Saya sendiri 100 persen akan senang dengan pemain yang telah kami dapatkan sejauh ini,” lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

“Ini adalah saat-saat di mana ada banyak ekspektasi yang beredar. Semua orang akan mengekspektasikan pembelian nama besar dan mengharapkan adanya perubahan besar. Tetapi jika ada pembelian pemain yang justru kurang begitu dikenal maka mereka langsung mengatakan, ‘Apa yang mereka lakukan?’,” tandas Klopp.

Jelas sudah alasan Juergen Klopp yang tidak memilih untuk merekrut pemain yang sudah memiliki nama besar ini meskipun Liverpool sebenarnya sanggup mendatangkan setidaknya dua atau tiga pemain yang memiliki label sebagai pemain bintang.