Infantino umumkan pencabutan sanksi dari FIFA untuk Indonesia

Bolahero.com – Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya FIFA cabut sanksi untuk Indonesia menyusul keputusan yang diambil oleh pemerintah yang diwakili oleh Kemenpora yang belum lama ini telah menyetujui untuk mencabut SK pembekuan PSSI yang mengakibatkan jatuhnya sanksi dari Federasi Sepakbola Tertinggi Dunia tersebut kepada Indonesia.

Setahun silam Menpora, Imam Nahrawi mengambil keputusan yang mengundang pro kontra dengan membekukan PSSI yang pada saat itu tengah berpolemik. Sejumlah pihak memang menyanyangkan keputusan ini karena imbasnya persepakbolaan Indonesia menjadi mati suri lantaran FIFA memberikan sanksi yang melarang para tim maupun Timnas untuk ikut berkompetisi di ajang internasional.

Namun belum lama ini menpora berubah sikap dengan mencabut SK pembekuan  sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh FIFA. Pencabutan pembekuan PSSI ini juga sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo yang menginginkan persepakbolaan Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik lagi setelah PSSI kembali aktif. Penandatangan pencabutan SK pembekuan PSSI ini dilakukan pada 10 Mei lalu dan Menpora juga sudah mengirimkan surat kepada FIFA perihal hal tersebut.

Hasilnya sesuai dengan yang diharapkan oleh banyak pihak karena sesuai dengan hasil Kongres FIFA yang ke-66 yang dilangsungkan di Meksiko City, lewat pernyataan resmi dari Presiden FIFA, Gianni Infantino menyatakan bila FIFA telah mencabut sanksi untuk Indonesia yang disambut dengan tepuk tangan dari para peserta kongres yang hadir.