8 Keputusan Wasit Paling Buruk
Disahkannya 'Gol Tangan Tuhan' yang dicetak Maradona menjadi salah satu keputusan wasit yang mengundang kontroversi

Bolahero.comFakta menarik berikut akan membahas mengenai info 8 keputusan wasit paling buruk. Kontroversi dalam pertandingan sepakbola memang sering terjadi mulai dari penalti Ronaldo di partai Ludogorets, Gary Cahill ketika menjatuhkan diri di kotak penalti yang bebas dari kartu kuning, dan disahkannya gol Juan Mata yang terjadi offside.

Meski ketiga kejadian tersebut masih diperbicangkan, kita perlu menengok sejarah mengenai keputusan terburuk wasit di dunia sepakbola. Inilah 8 keputusan wasit paling buruk.

  1. Ghost goal Geoff Hurst

Jerman barat ngotot bola yang ditendang Geoff Hurts belum melewati garis. Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

  1. Tangan tuhan

Tangan tuhan adalah istilah gol yang dicetak dengan tangan dan disahkan oleh wasit saat Inggris vs Argentina dan gol ini dicetak oleh legenda sepakbola, Diego Maradona.

  1. Pelanggaran Kartu Kuning

Wasit Graham Poll mengeluarkan 3 kartu kuning untuk Josip Simunic saat pertandingan Kroasia vs Australia di Piala Dunia 2006.

  1. Pelanggaran Memegang Bola

Pemain Piala Dunia Wanita Guinea memegang bola di kotak penalti saat beradu dengan Australia. Wasit memberikan sanksi namun pertandingan tetap dilanjutkan.

  1. Pimpinan Organisasi mendesak wasit

Pimpinan Organisasi mendesak wasit agar Perancis menang pertandingan. Sebelumnya Kuwait memprotes gol karena mendengar suara peluit berasal dari wasit.

  1. Jerman vs Frank Lampard

Mental pemain Inggris runtuh setelah kesempatan menyamakan kedudukan hilang karena hakim garis dan wasit tidak mengesahkan gol yang dicetak oleh Frank Lampard ke gawang Jerman.

  1. Celtic vs Dundee United

Gelar fan Celtic diberikan kepada wasit Charlie lantaran tidak memberikan penalti kepada Dundee. Pemain Dundee melakukan gerakan fake di kotak penalti Celtic. Gary Caldwell melepas takling keras yang sama sekali tidak mengenai bola. Namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

  1. Kamerun vs Nigeria

Final kejuaraan Piala Afrika tahun 2000 terjadi kericuhan setelah Kamerun berhasil mengalahkan Nigeria melalui adu penalti yang sadis. Wasit tidak mengakui tendangan Victor Ikpeba yang memantul tiang dan melewati garis. Kericuhan muncul setelah media Nigeria menuding Afrika dengan sengaja melakukan taktik tersebut.