7 Keunikan Derby Merseyside Antara Liverpool Vs Everton
Laga antara Liverpool kontra Everton dikenal sebagai laga bertajuk Derby Meseyside

Bolahero.comFakta unik kali ini akan membahas mengenai keunikan derby Merseyside, yaitu laga antara klub sepakbola satu kota antara Liverpool kontra Everton yang memiliki beragam keunikan. Tak hanya menjadi derby sepakbola dengan tradisinya yang alot, namun memiliki aneka keunikan. Berikut 7 keunikan derby Merseyside antara Liverpool vs Everton.

  1. Derby terlama

Derby Liverpool menghadapi Everton merupakan laga derby terlama yang pernah ada di kelas teratas sepakbola Inggris sejak musim 1962-1963 dan tak ada derby lain yang terjadi lebih lama. Derby Manchester contohnya, sempat tak lanjut karena MU mengalami degradasi beberapa kali sebelum tahun 1960an dan City juga pernah naik turun divisi.

  1. Rekor kartu merah

Kenyataan ini menggambarkan panasnya persaingan di lapangan. Sejak era Premier League tahun 1992 dilangsungkan, pertarungan antara Liverpool vs Everton sudah mencatatkan 20 kartu merah dan menjadi yang paling banyak.

  1. The Friendly Derby

Derby Merseyside sempat mendapat sebutan The Friendly Derby, dikarenakan banyak pendukung baik Liverpool maupun Everton yang bersaudara bahkan satu keluarga. Maka bukan menjadi hal aneh bila kerap terlihat dua kubu pendukung berlawanan duduk membaur di stadion.

  1. Sangat dekat

Laga derby Merseyside benar-benar teramat dekat diibaratkan sebagai tetangga maka rumahnya hanya dibatasi sekat tembok. Jarak antara Anfield dan Goodison Park tak lebih dari 1 km dan hanya dibatasi satu area yang bernama Stanley Park.

  1. Istilah Merseyside

Istilah Merseyside Derby ada sejak tahun 1955, ketika suatu koran nasional menggunakan istilah itu.

  1. Klub yang berasal dari kota paling sukses

Derby Merseyside ini merupakan laga dua klub yang bermarkas di kota tersukses pada sejarah sepakbola di Inggris. Tercatat kota Liverpool menjadi kota tersukses dalam sepakbola Inggris. Kota ini mengumpulkan 27 trofi juara yang terdiri dari 18 Liverpool dan Everton 9, yang memiliki jumlah lebih besar dari kota Manchester sebanyak 22 trofi dan London sebanyak 19 trofi.

  1. Yang terbaik?

Pada era tahun 1960an kedua klub merupakan juara reguler di Liga Inggris. Namun kemudian Liverpool mendominasi dan Everton makin lemah. Mengenai jumlah gelar, tentu Liverpool yang unggul.