city bisa ke champions
city menentukan nasibnya sendiri

bolahero.com – Manchester seperti tidak ada habisnya ditimpa sial musim ini. Setelah beberapa kali mengalami kekalahan-kekalahan yang tidak terduga di liga, kehilangan peluang untuk mendapat trofi di eropa, dan sekarang harus berjuang sampai akhir hanya untuk memperebutkan posisi empat besar. Ini hal yang sangat jelas berbeda dari tiga atau empat musim yang lalu, dimana habitat United adalah perebutan juara. Setelah ditinggal sang legenda, Sir Alex Ferguson, United seperti benar-benar kehilangan arah. Tidak ada permainan atraktif dan mental baja yang selalu mereka tunjukkan di masa Sir Alex.

City akan ke liga Champions bila …

Bahkan, musim ini Van Gaal harus susah payah untuk bersaing di papan atas. Lebih buruk lagi, United mengalami beberapa kekalahan yang “tidak penting.” Kekalahan dari Norwich, Bournemouth, Swansea, dan yang terbaru menghadapi West Ham. Semua kekalahan dari tim yang “tidak pernah” unggul dari United era Sir Alex. Kehilangan poin dari tim-tim kecil ini lah yang membuat United haru susah payah merangkak di liga Inggris.

Lawan terakhir yang disebutkan tentu menjadi yang paling baru. Bagaimana tidak? Mereka hanya tinggal selangkah lebih unggul dari sang rival satu kota, Manchester City, untuk melangkah ke liga Champions sampai pada akhirnya gol dari Winston Reid menghapus asa yang sudah melebar di kubu United. Kekalahan-kekalahan tidak penting seperti ini pastinya harus dihilangkan pada laga penutup musim liga Inggris minggu ini, dimana mereka harus membalas dendam mereka dari Bournemouth di pertemuan pertama.

Memainkan lakon di Old Trafford pun sekarang bukan menjadi jaminan sebuah kemenangan. Jadi, United harus waspada di laga terakhir nanti meski bermain di Old Trafford, karena Old Trafford sudah tidak angker lagi. Tentu saja, hasil kemenangan United dari Bournemouth akan membawa mereka menuju liga Champions. Tetapi, itu terjadi andaikan City terjegal saat berkunjung ke Liberty Stadium, kandang dari Swansea City.

Jadi, sekarang yang harus dilakukan United adalah tetap fokus untuk menghadapi Bournemouth dan berharap Swansea berhasil, paling tidak, menahan imbang City. Bagaimanapun, United harus lolos ke liga Champions demi mempertaruhkan nama besar mereka. Karena, andai mereka meraih piala FA yang sudah didepan mata pun akan sangat kurang jika tidak bisa tampil di kompetisi tertinggi eropa itu.