6 Tim Sepakbola Tertua di Dunia, Stoke City Urutan Enam

Daftar Tim Sepakbola Tertua di Dunia Asal Inggris

0
stoke city
6 Tim Sepakbola Tertua di Dunia, Stoke City Urutan Enam

Bolahero.com – Selama ini mungkin Anda belum tahu mengenai tim sepakbola tertua di dunia. Tapi berbicara soal sejarah sepakbola, pasti tak lepas dari negara yang disebut-sebut sebagai penemu permainan sepakbola, yakni Inggris.

Sepakbola bukan hanya mengenai olahraga, tapi banyak drama dan sejarah yang disajikan dalam sebuah pertandingan sepakbola. Nah, berikut ini adalah enam tim sepakbola tertua di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.

Tim Sepakbola Tertua Sepanjang Sejarah

6Stoke City (1863)

Satu-satunya tim Premier League yang ada di daftar ini adalah Stoke City, tim sepakbola yang berdiri pada tahun 1863. Mereka mengalami perubahan penting dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada saat awal didirikan, tim ini bernama Stoke Ramblers serta tergabung bersama Stoke Victoria Cricket Club. Baru pada tahun 1878 nama Stoke City diresmikan. Mereka termasuk dalam 12 tim pertama sebagai founder asosiasi sepak bola Inggris pada tahun 1888.

5Notts County (1862)

Notts County? Mungkin nama tim ini sangat asing di telinga para pencinta sepakbola. Notts County berdiri pada tahun 1862. Sama seperti Stoke City, Notss County juga merupakan salah satu tim sepakbola tertua yang menjadi founder asosiasi sepak bola Inggris. Pada saat ini mereka bertanding di kasta keempat sepakbola Inggris, League Two.

4Hallam FC (1860)

Masih dari daratan Inggris, tepatnya di Sheffield, yakni Hallam FC, tim sepakbola yang dibuat pada tahun 1860. Akan tetapi dasar terbentuknya tim itu telah diawali berkat adanya tim cricket pada tahun 1804. Sandygate Road merupakan lapangan sepakbola tertua di Inggris yang pertama kali dibuka pada tahun 1804. Sampai kini, venue tersbeut masih menjadi markas Hallam FC. Pada saat ini mereka berlaga di kasta kesembilan sepakbola Inggris.

3Cray Wanderers (1860)

Klub Cray Wanderers merupakan tim sepakbola tertua di London, setelah dibuat pada 1860. Tim ini dibuat oleh para pekerja pendatang yang bermain sepakbola di waktu luang. Cray Wanderers punya hubungan dengan Woolwich Arsenal atau yang kini bernama Arsenal. Sampai abad ke-20, mereka masih menjadi tim profesional. Tapi kini tim bermain di kompetisi semi-profesional, di Isthmian League Division One North.

2Lima CFC (1859)

Ada perdebatan yang menyangsikan status Lima CFC menjadi tim sepakbola tertua di dunia. Namun tim ini tetaplah masuk dalam daftar ini. Lima CFC awalannya dibuat oleh para pekerja Inggris yang bekerja di Peru dengan konsentrasi untuk olahraga kriket. Walaupun pertama kali dibuat pada 1859, laga sepakbola resmi pertama mereka berlangsung di tahun 1893.

1Sheffield FC (1857)

Sheffield FC resmi menjadi tim sepakbola tertua. Status mereka itu telah diakui FIFA pada tahun 2004. Mereka pun mendapat penghargaan FIFA Order of Merit Award. Awalnya mereka juga berdiri berkat anggota tim kriket mereka, serta jadi anggota asosiasi sepakbola pada 1863.