sakho bersalah
sakho positif doping

Bolahero.Com – Musim Mamadou Sakho sudah habis. Ia dipastikan tidak bakal membela Liverpool lagi di sisa musim ini sesudah dijatuhi hukuman larangan bermain sepanjang 30 hari. Tapi sanksi lebih berat dari UEFA masih menantinya.

Sakho Dihukum Karena Melanggar Aturan

Mengenai hukuman ini, Sakho memilih untuk tidak mengajukan banding. Pasalnya hasil tes doping Sakho sudah terbukti positif. Ia tidak bisa mengelak lagi kalau sudah mengonsumsi obat terlarang. UEFA sebenarnya telah memberikan kesempatan pada pemain belakang Liverpool itu untuk mengajukan banding sampai Selasa (26/4) kemarin, akan tetapi Sakho sendiri yang tidak ingin melakukan hal tersebut.

Pada saat ini UEFA menjatuhkan sanksi sepanjang 30 hari pada Sakho. Itu artinya pemain 26 tahun tidak akan membela Liverpool lagi di tiga pertandingann tersisa Premier League musim ini, sekaligus leg II semi final dan final Liga Europa (andaikata mereka lolos).

Diambil dari BBC, hukuman 30 hari ini belum sanksi seutuhnya. UEFA masih bakal lakukan pertemuan lagi untuk mengulas masalah ini. Baru kemudian federasi sepakbola Eropa itu akan menjatuhkan sanksi sebenarnya pada eks penggawa Paris Saint-Germain itu.

Sakho dibuktikan positif memakai obat terlarang (doping) berdasar pada kontrol yang telah dilakukan usai melakoni laga 16 besar Liga Europa kontra Manchester United. Media Prancis menyebutkan bahwa Sakho mengonsumsi obat pembakar lemak yang ternyata dilarang pemakaiannya.

Pada tahun 2011 lalu, Kolo Toure pernah dijatuhi hukuman sepanjang enam bulan akibat terbukti positif mengonsumsi obat diet yang juga dilarang pemakaiannya. Obat itu, seperti disadari Toure, dia gunakan atas referensi istrinya. Jika Sakho dijatuhi sanksi yang sama, telah dipastikan dia tidak akan turut dibawa timnas Prancis pada gelaran Euro 2016 musim panas tahun ini.

Sementara Jum’at (29/4) dinihari tadi, Sakho juga tidak dimainkan oleh Jurgan Klopp saat Liverpool bertamu ke markas Villarreal. Bermain imbang hingga 90 menit waktu normal, The Reds justru kecolongan satu gol tim tuan rumah di injury time babak kedua. Kemenangan 1-0 itu memberi keuntungan tersendiri bagi The Yellow Submarine saat gantian bertandang ke Anfield pekan depan.