5 Supersub di Partai Final Piala Eropa

Eder Menjadi Supersub yang Membawa Portugal Menjuarai Piala Eropa 2016

0
final piala eropa
5 Supersub di Partai Final Piala Eropa

Bolahero.com – Portugal akhirnya sukses memenangkan partai final Piala Eropa 2016 dan menyabet titel pertama mereka di kejuaraan Eropa serta ajang besar lainnya. Cristiano Ronaldo dkk sukses menaklukkan Prancis di laga final Piala Eropa yang berlangsung Senin (11/7) dinihari WIB. Pemain pengganti, Eder, menjadi penentu kemenangan A Seleccao.

Tampil tanpa Ronaldo sejak menit ke-25, Portugal memang kehilangan keseimbangan permainan. Namun solidnya lini pertahanan Portugal di final Piala Eropa kali ini, memaksakan pertndingan berlanjut ke extra time. Memasuki menit ke-109, Eder, yang masuk menggantikan Renato Sanches di menit ke-79 akhirnya sukses menjebol gawang Hugo Lloris.

Selain Eder, berikut ini daftar lima pemain pengganti yang berhasil menceploskan gol di final Piala Eropa.

Pencetak Gol yang Datang dari Bench di Final Piala Eropa

1Olivier Bierhoff (Jerman)

Bierhoff merupakan legenda Jerman yang berlaga di final Piala Eropa 1996 kontra Republik Ceko. Pada partai itu, Bierhoff masuk di menit ke-69 untuk menggantikan Mehmet Scholl. Bierhoff sukses membuat gol penyeimbang dan kemenangan yang akhirnya mengusung Jerman meraih kemenangan dengan ketentuan golden goal.

2Sylvain Wiltord (Prancis)

Wiltord bermain di final Piala Eropa 2000, yang merupakan pencetak gol penentu timnas Prancis pada pada saat menghadpai Italia di Rotterdam Stadium, Belanda. Gol itu terwujud di menit ke-90 itu dengan cukup unik. Wiltord menerima umpan dari Fabien Barthez lewat tendangan gawang. Dia lalu melepas tendangan keras kaki kanan dari sebelah kiri kotak penalti Gli Azzuri.

3David Trezeguet (Prancis)

Trezeguet juga mencetak sejarah dengan menjadi supersub di final Piala Eropa 2000. Masuk sebagai pemain pengganti, Trezeguet dan Wiltord sukses menceploskan dua gol penting bagi Prancis. Gol Trezeguet tercipta di menit ke-103 yang akhirnya membawa Prancis keluar sebagai juara dengan ketentuan golden goal.

4Fernando Torres (Spanyol)

Saat menghadapi Italia di partai final Piala Eropa 2012, Torres masuk pada menit ke-75 untuk menggantikan peran Cesc Fabregas. Ia sukses menceploskan gol saat laga memasuki menit ke-84 sesudah menerima umpan dari Xavi. Gol ini juga membuat Torres jadi pemain Eropa pertama yang sukses menceploskan gol dalam dua edisi final Piala Eropa secara beruntun.

5Juan Mata (Spanyol)

Sama seperti Torres, Juan Mata juga menjadi supersub dalam partai final Piala Eropa 2012. Dalam kemenangan telak Spanyol 4-1 atas Italia, Mata masuk ke di menit ke-87 untuk menggantikan Andres Iniesta. Gol Mata tercipta hanya berselang semenit setelah ia masuk lapangan.