5 Alasan Kenapa Bola Indonesia Tidak Berkembang Pesat

0
sepak bola indonesia

Bolahero.com, 5 Alasan Kenapa Bola Indonesia Tidak Berkembang Pesat – Para pembaca setia, tahukah Anda alasan mengapa persepakbolaan di negeri kita ini tidak bisa berkembang pesat seperti pada sepak bola di eropa ?

Pertanyaan ini sudah cukup banyak di bahas oleh banyak pihak, mulai dari jawaban mengenai tingkat dukungan maupun dari tingkat kelayakan. Tapi yang perlu Anda ketahui mengenai kenapa sepak bola indonesia tidak bisa maju dengan pesat.

Baca juga :  Terungkap, Inilah Profil Manajer Tim Dibalik Kesuksesan Timnas Portugal Pada Euro 2016

Bagi bolahero lovers yang ingin mengetahui mengapa persepakbolaan di tanah air kita ini tidak bisa berkembang pesat, Anda akan menemukan pada konteks artikel yang berjudul “5 Alasan Kenapa Bola Indonesia Tidak Berkembang Pesat” .

Kami telah merangkumnya berdasarkan bukti nyata history persepakbolaan indonesia dari masa ke masa. berikut dibawah ini ulasannya :

1.) KURANG DAN MINIMNYA DUKUNGAN MORIL

Entah alasan ini menjadi point nomor berapa, yang jelas faktanya sepak bola indonesia memang selalu kurang akan dukungan moril, sehingga persepakbolaan di tanah air kita ini sulit untuk yang namanya mengalami kemajuan.

sepak bola indonesia
suporter persija (jakmania)

Contoh kecilnya saja dalam perhelatan liga indonesia yang dimana hanya beberapa tim atau kota saja yang memiliki suporter yang bersemangat mendukung tim jagoan dan kesayangan mereka masing masing.

Baca disini : 5 suporter terbesar sepak bola indonesia

2.) KURANG ADANYA PENINGKATAN FASILITAS STADION

sepak bola indonesia
Stadion gelora bung karno (GBK)

Tidak dapat dipungkiri, bahwa sepak bola butuh yang namanya lapangan/stadion yang lebih terurus fasilitas dan kebersihannya. Di Indonesia sendiri hanya terdapat beberapa stadion saja yang memiliki fasilitas dan tingkat kebersihan yang terawat.

Baca Disini : Daftar stadion sepak bola di Indonesia yang memiliki Fasilitas Mewah

3.) KUALITAS BERMAIN TIM/INDIVIDU YANG PERLU (MASIH MINIM) DI TINGKATKAN

Sepak bola indonesia

Kebanyakan dari setiap pemain yang ada di klub liga Indonesia terdapat banyak pemain yang berasal dari negara asing, dan ada juga pemain naturalisasi .

Baca Disini : Daftar Pemain naturalisasi Timnas Indonesia

4.) GAJI PEMAIN YANG MINIM

sepak bola indonesia
Cristiano Gonzales pemain sepakbola naturalisasi yang menjadi pemain dengan gaji termahal di indonesia.

Tidak di pungkiri bahwa alasan dari kebanyakan pemain yang merumput di persepakbolaan Indonesia adalah mengenai sistem dari pembayaran gaji yang memang masih terbilang rendah. Bahkan ada juga salah satu diantaranya pemain bola yang telat menerima gaji. Seperti misalnya kejadian pada Indonesia Super League  2012 lalu, yang dimana Manajemen dari tim Persebaya Surabaya tidak melunasi pembayaran gaji pemain dan juga pelatih selama kurang lebih tiga bulan.

Salah satu sumber menyebutkan bahwa gaji pemain untuk tim Persebaya

sepak bola indonesia
Diego Mendieta

dimulai pada bulan Oktober dengan total senilai 3,9 miliar. Kejadian ini tentunya telah merugikan setiap pemain.

Salah satu pemain yang benar benar memprihatinkan atas kejadian seperti ini ialah seorang pemain bola yang berposisi sebagai penyerang bernama Diego Mendieta asal Paraguay. Dikabarkan pada november 2013 lalu, pemain bola yang bernasib malang ini telah meninggal akibat dirinya terinfeksi virus, dan sekian lama di rawat dirumah sakit, ia tak mampuh membayar perawatan kesehatan. Alasannya karena Diego Mendieta belum menerima gaji pada bulan bulan sebelumnya.

5.) SERING BERKELAHI ANTARA SUPORTER, DAN JUGA PEMAIN

sepak bola indonesia
Jakmania

Salah satu kemungkinan penyebab sepak bola Indonesia tidak bisa berkembang pesat ialah sering terjadinya tindak kerusuhan antara suporter dan juga pemain. Anda pastinya sudah sering melihat beberapa kejadian tindakan anarkis antara suporter dengan suporter, bahkan tak jarang kejadian bentrok dengan pihak kepolisian juga pernah terjadi.


Itulah kelima alasan yang mungkin menyebabkan persepakbolaan di negeri ini tidak bisa berkembang, semoga kita semua bisa mengintropeksi diri masing masing dan jaga sportifitas agar membantu kemajuan sepak bola Indonesia.