4 Nasib Portugal Saat Sampai Semi Final Piala Eropa

0
semi final piala eropa
4 Nasib Portugal Saat Sampai Semi Final Piala Eropa

Bolahero.comSemi final Piala Eropa sudah di depan mata dan telah ada dua tim yang dipastikan melangkah ke babak empat besar itu. Portugal jadi tim pertama yang mengamankan satu area di babak semi final sesudah mengandaskan Polandia, di Stade Velodrome, Jumat (1/7) dinihari WIB. Ini adalah kelima kalinya bagi Portugal lolos ke semi final dari tujuh partisipasi terakhir mereka di PIala Eropa.

Pada 4 semi final itu, Portugal cuma sekali menembus final, yaitu saat mereka menjadi tuan rumah pada 2004. Namun, A Seleccao takluk dari Yunani di partai puncak. Berikut ini adalah empat semi final terakhir Portugal di Piala Eropa.

1Piala Eropa 1984

Portugal mengambil langkah ke semi final sesudah menyingkirkan Rumania pada babak delapan besar Piala Eropa 1984 dengan skor 1-0. Namun, langkah mereka berhenti di situ dan hanya finis keempat setelah tidak berhasil mengalahkan Prancis. Portugal menyerah 2-3 dari Les Blues. Laga tersbeut berlangsung ketat, serta mesti diakhiri lewat perpanjangan waktu. Merupakan gol Michel Platini di menit ke-119 yang mengubur harapan Portugal.

2Piala Eropa 2000

Lagi-lagi Prancis jadi mimpi buruk untuk Portugal di semi final Piala Eropa. Pada Piala Eropa yang digelar di Belgia, kedua tim kembali harus melanjutkan pertandingan lewat perpanjangan waktu. Portugal sebenarnya unggul lebih dahulu lewat Nuno Gomes pada menit ke-19. Tapi Thierry Henry sukses menyamakan kedudukan dan disudahi oleh gol Zinedine Zidane lewat eksekusi penalti pada menit ke-117.

3Piala Eropa 2004

Pada tahun 2004 Portugal menjadi tuan rumah dan jadi salah satu unggulan juara. Cristiano Ronaldo dkk berhasil mencapai babak semi final saat itu. Langkah itu tidak diambil dengan mudah, lantaran Portugal harus terlebih dahulu menaklukkan Belanda di perempat final dengan skor 2-1. Portugal akhirnya tidak berhasil memperoleh gelar juara sesudah Yunani membuat kejutan dengan kemenangan 1-0.

4Piala Eropa 2012

Sesudah tidak berhasil berbicara banyak pada Piala Dunia 2010, Portugal datang ke Polandia dan Ukraina dengan skuad yang tidak jauh berbeda. Hebatnya, kali ini mereka berhasil melangkah ke semi final Piala Eropa. Tapi Spanyol jadi batu sandungan mereka untuk bisa sampai ke final. Portugal menyerah lewat adu penalti skor 2-4. Pada adu penalti Pepe dan Bruno Alves gagal mengeksekusi dengan baik.