4 Laga Jerman vs Italia Paling Terkenang di Ajang Internasional

0
jerman vs italia
4 Laga Jerman vs Italia Paling Terkenang di Ajang Internasional

Bolahero.com – Duel seru Jerman vs Italia bakal terjadi di fase perempat final Piala Eropa 2016, Minggu (3/7) dinihari WIB besok. Bermaterikan para pemain bintang serta segudang prestasi, tidak heran jika banyak yang menyebutkan pertemuan ini sebagai final yang terlalu awal.

Rivalitas Jerman serta Italia memang sudah berlangsung sejak lama. Pertemuan pertama dua negara raksasa sepakbola ini berlangsung pada 1 Januari 1923 silam. Pada saat itu Italia sukses menggondol kemenangan dengan skor telak 3-1. Tapi di pertemuan paling akhir mereka, tepatnya sebelum gelaran Piala Eropa 2016 berlangsung, Jerman menggilas Italia 4-1 pada sebuah laga persahabatan Maret lalu.

Diantara 33 kali total pertemuan Jerman vs Italia, ada empat pertemuan paling dikenang oleh para penggemar sepakbola. Berikut ulasannya.

1. Italia 4-3 Jerman Barat (Piala Dunia 1970)

Laga semi final Piala Dunia 1970 di Stadion Azteca, Meksiko, disebut-sebut sebagai ‘Game of the Century’. Pasalnya kedua tim bermain sangat mengesankan mulai sejak penyisihan grup sampai mencapai semi final. Kedua tim saling berbalas gol sampai babak perpanjangan waktu bergulir. Skor akhir 4-3 pun menutup laga tersebut dan menjadi milik Italia. Gli Azzuri melaju ke partai puncak untuk menantang Brasil.

2. Italia 3-1 Jerman Barat (Piala Dunia 1982)

Italia dan Jerman kembali berjumpa Piala Dunia 1982 di Spanyol, tapi kali ini mereka bertarung di partai puncak. Bermain 0-0 di babak pertama, Italia mengamuk saat kembali dari ruang ganti. Tiga gol berhasil diceploskan Italia dan hanya bisa dibalas satu gol oleh Jerman. Kemenangan ini pun menjadi gelar Piala Dunia ketiga bagi Italia.

3. Jerman 0-2 Italia (Piala Dunia 2006)

Jerman kembali berjumpa Italia 24 tahun setelah final yang menyakitkan itu. Kali ini mereka lebih yakin diri lantaran berstatus sebagai tuan rumah. Kendati demikian, gol Italia yang diceploskan oleh Fabio Grosso menit ke-119 serta Alessandro Del Piero pada menit ke-120+1 mengandaskan harapan tuan rumah. Selanjutnya, Italia mengusung gelar juara dunia keempat mereka.

4. Jerman 1-2 Italia (Piala Eropa 2012)

Terakhir, laga Jerman vs Italia kembali terulang di babak semi final Piala Eropa 2012. Die Mannschaft masih belum berhasil membendung Gli Azzuri. Dua gol Mario Balotelli saat itu hanya terbalaskan lewat satu gol dari titik putih oleh Mesut Ozil, di masa injury time.