rafael benitez
10 Pelatih Termahal Dunia Tahun 2016 (10-6)

Bolahero.com – Menjelang musim baru, terdapat banyak pergantian yang dilakukan oleh tim di liga-liga Eropa. Termasuk kehadiran pelatih termahal dunia yang diharapkan bisa mengubah nasib tim menjadi lebih baik. Apakah hanya tim besar yang mampu membayar pelatih bergaji tinggi? Rasa-rasanya tidak juga, karena salah satu pelatih termahal dunia di tahun 2016 ini berasal dari kasta kedua liga Inggris (Divisi Champhionship).

Daftar Pelatih Termahal Dunia Urutan 10-6

  1. Rafael Benitez (4,5 Juta Poundstelring)

Rafa Benitez menjadi salah satu pelatih termahal dunia meski sempat dipecat oleh Real Madrid di pertengahan musim lalu. Tapi mendekati berakhirnya musim lalu, Newcastle United merekrutnya. Rafa ditugaskan untuk menyelamatkan The Magpies dari degradasi. Akan tetapi, misi itu tak berhasil dituntaskan oleh Rafa. Namun demikian, Rafa tetaplah berkomitmen melatih Newcastle di divisi dua Liga Inggris dengan gaji per tahun 4,5 juta poundsterling sepanjang tiga tahun.

  1. Mauricio Pochettino (5,5 Juta Poundstelring)

Gagal menjuarai Premier League musim 2015/16 tak membuat Tottenham Hotspur memecat Pochettino. Ia sudah melambungkan beberapa nama pemain belia Spurs serta jadi penantang serius gelar Premier League. Kesuksesan itu pun membuatnya menjadi salah satu pelatih termahal dunia dengan perjanjian baru berdurasi lima musim yang bakal berlaku sampai tahun 2021.

  1. Antonio Conte (6,5 Juta Poundstelring)

Pelatih termahal dunia berikutnya masih berasal dari Premier League. Ia adalah Antonio Conte, pelatih Chelsea yang punya banyak pekerjaan rumit untuk musim depan. Maka wajar saja jika gaji yang ia dapatkan sangat besar. Terdapat 34 pemain pinjaman Chelsea serta Conte mesti mengatur ulang semuanya pasca Jose Mourinho hengkang dari Stamford Bridge. Ia pun dibebani dengan target kembali menjadi klub papan atas.

  1. Luis Enrique (7 Juta Poundstelring)

Menangani tim sebesar Barcelona serta mampu memberi banyak gelar menjadikan Enrique sebagai salah satu pelatih termahal dunia. Gaji 7 juta poundsterling per tahun membuat Enrique menerima uang kurang lebih 134 ribu per minggu. Tapi gaji sebesar itu masih kalah jika dibandingkan dengan anak asuhnya, Lionel Messi. (256 ribu poundsterling).

  1. Jurgen Klopp (7 Juta Poundsterling)

Kontrak berdurasi tiga tahun sudah disepakati Klopp sejak pertengahan musim lalu. Jurgen Klopp pun mengawali beberapa langkah penting dalam membangun kembali reputasi besar Liverpool di level Eropa. Klopp menjadi salah satu pelatih termahal dunia, meski musim depan dengan sangat terpaksa ia hanya akan berlaga di kompetisi lokal.

Siapa pelatih terbaik dunia urutan 5-1?